Menelusuri Restoran Jepang Jaman Dulu di Jakarta

Bila kamu ditanya tentang , yang terlintas di benak pertama kali adalah restoran seperti Yoshinoya, Hoka-Hoka Bento atau Gokana. Ya, tiga nama itu memang cukup familiar dijumpai di banyak gerai mall dan pertokoan. Tapi tahukah kamu ada tiga nama restoran lain yang dulunya juga sangat digandrungi? Bahkan dua dari restoran tersebut masih ada sampai sekarang dan menyandang gelar legendaris. 

Kalau penasaran apa saja restoran-restoran tersebut, mari telusuri jejaknya lewat artikel ini!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Nama pertama adalah restoran yang dianggap sebagai pionir yaitu Kikugawa. Berlokasi di Cikini, Kikugawa sudah berdiri hampir 50 tahun di Indonesia, lo!

Dirintis oleh Kikuchi Surutake yang menetap di Indonesia untuk merintis bisnis masakannya, siapa yang menyangka bahwa Kikugawa akan menjadi restoran berumur panjang yang bahkan masih beroperasi sampai sekarang. Menurut banyak pelanggan, kekuatan utama Kikugawa adalah menu-menu makanannya yang tidak hanya bervariasi tapi juga lezat sesuai dengan menu khas Jepang. Keotentikan rasa restoran Kikugawa lah yang membuat namanya dikenal dan awet bertahan sampai di tahun ini. 

tripadvisor.com

Salah satu kekuatan lain dari Kikugawa adalah juga nuansa sederhana dan jadulnya yang berbeda dari restoran-restoran Jepang lainnya. Bila mendatangi lokasi secara langsung, kamu seperti berkunjung ke rumah klasik era tempo dulu yang sunyi dan menenangkan. Cocok bila memang kamu sedang mencari suasana makan yang tidak berisik sama sekali.

phinemo.com

Lalu bagaimana dengan menu makanannya? Ada banyak pilihan menu set di Kikugawa seperti Kikugawa Set A atau Sukiyaki Set. Mulai dari menu ikan salmon, sashimi, ikan gindara sampai ramen terasa sangat lengkap dan memuaskan. Bila kamu tidak pernah mendengar restoran ini sebelumnya, boleh nih kapan-kapan mampir dan mencoba menunya langsung!

 

Tahukah kamu bahwa pernah ada sebuah restoran berkonsep masakan Jepang di tahun 90-an bernama Isabento? Meskipun Gate tidak bisa menemukan informasi mengenai gambar restoran tersebut, namun Isabento termasuk restoran Jepang yang hadir di jaman dulu sebelum Hokben dan Yoshinoya dikenal di era sekarang. 

Beberapa lokasi yang tercatat menjadi tempat restoran Isabento adalah Mal Pondok Indah (PIM), Mal Taman Anggrek, Grand Wijaya Center dan Mal Ciputra. Harga menunya pun waktu itu masih kisaran 1000 sampai 2000 rupiah. Sayangnya, seiring krisis ekonomi di penghujung 90-an, Isabento juga mulai menghilang keberadaannya.

Apakah kamu sudah lahir atau pernah punya kenangan makan di restoran ini?

 

Salah satu restoran berumur awet karena sudah berdiri sejak era 90-an adalah Taichan Ramen. Sama seperti namanya, menu andalannya tentu adalah ramen yang sering dipuji kelezatannya oleh banyak pecinta makanan. Salah satu keunggulan menu ramen disini juga karena porsi makanannya yang besar dan tekstur dagingnya yang empuk dinikmati. Yummy!

Seperti umumnya restoran Jepang, Taichan Ramen juga punya banyak menu lain yang memanjakan lidah seperti sukiyaki, menu bento set dan chicken curry. Tentu tempat ini cocok sebagai lokasi makan untuk keluarga ataupun bersama pasangan.

Kalau kamu penasaran, coba cek langsung ke lokasinya di Plaza Senayan!

tripadvisor.com

Bagaimana menurut pendapat kamu? Tertarik ikut menelusuri secara langsung restoran-restoran Jepang jaman dulu ini? 

Leave a Reply

%d bloggers like this: