Matsutake, Jamur Terbaik dari Jepang, khas Musim Gugur

adalah jenis jamur premium yang dianggap sebagai jamur terbaik di antara varietas yang bisa dimakan dan umumnya tumbuh di daerah dingin di tempat yang tinggi. Di , prefektur yang menghasilkan terbanyak adalah Iwate, Yamagata, Nagano, Kyoto, Hyogo, Wakayama, Okayama, dan Hiroshima. Jadi, jika mina-san kebetulan berada di prefektur ini pada musim gugur, cobalah menu lokal .

Zaman dulu, matsutake adalah makanan rakyat biasa akibat melimpahnya jamur ini karena lingkungan yang kondusif akibat tumbuhnya pinus merah Jepang di hutan. Namun, dengan menurunnya popularitas daun dan cabang pinus sebagai bahan bakar dan pupuk, hal ini berakibat pada menurunnya pertumbuhan pinus di hutan yang menyebabkan pertumbuhan jamur premium tersebut pun menurun.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

0055-matsutake-2Dewasa ini bisa ditemukan di banyak menu, tapi cara yang paling umum adalah memanggangnya, dan di dalam dobin mushi (kaldu seafood tradisional Jepang). Banyak restoran mengenalkan menu paket matsutake selama musim gugur di mana mereka memanfaatkan bahan musiman ini dalam berbagai cara yang bisa dibayangkan. Misalnya, di menu paket yang ditawarkan di Shouraitei di Kota Ueda, Prefektur Nagano, jamur premium ini bisa ditemukan dalam minuman anggur pembuka, dobin mushi, makanan pembuka, menu rebus, menu bakar, sukiyaki, tempura, chawanmushi (pudding telur gurih yang dikukus), dan takigohan (nasi yang diberi bumbu dashi dan kecap, dll).

Tergantung pada paket yang kamu pilih, jumlah jamur yang digunakan dan jumlah menu yang ditawarkan akan berbeda dan rentang harganya mulai dari 6.480 yen hingga 21.600 yen (belum termasuk pajak)! Jika menu lengkap terlalu banyak untuk mina-san, mina-san bisa memilih menu a la carte yang seharusnya akan lebih bersahabat untuk dompet. ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: