Makanan Jepang dan Pantangan Bagi Ibu Hamil (2)

Setelah membahas tentang rekomendasi untuk disantap bagi ibu hamil, di artikel yang kedua Gate akan membahas tentang makanan pantangan yang harus dihindari. 

Cek yuk apa saja!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Daging mentah seperti ham, salami, seafood

Daging mentah yang sudah diberi bumbu atau difermentasikan ternyata berisiko untuk ibu hamil. Biasanya daging ini didiamkan dalam suhu ruangan tinggi dan bisa dinikmati beberapa kali asal disimpan di dalam kulkas. 

Nah, kabar buruknya adalah daging seperti ham dan salami ini kurang cocok untuk rekomendasi makanan ibu hamil. Adapun untuk hidangan seafood yang dinikmati secara mentah juga baiknya dijauhi.

 

Sushi

Sushi memang makanan paling favorit di Jepang. Tapi sayangnya ibu hamil harus lebih berhati-hati saat menyantap makanan yang satu ini. 

Sushi yang bahan dasarnya berasal dari ikan mentah tidak cocok untuk ibu hamil karena ikan mentahnya mengandung merkuri yang bisa berbahaya untuk janin bayi. Contoh sushi dengan level kandungan merkuri yang tinggi adalah sushi ahi, kajiki, saba dan buri. Adapun sushi dengan kandungan merkuri lebih rendah (yang  masih bisa dinikmati namun disarankan tidak terlalu sering) adalah masago, tsubugai dan kaibashira. Namun lebih direkomendasikan menyantap sushi dengan menu seperti steak dan chicken rolls, California rolls dan salmon yang sudah dimasak ya!

 

Susu

Susu yang belum dipasteurisasi atau raw milk juga termasuk makanan pantangan untuk ibu hamil. Namun karena di Jepang ada banyak produk susu seperti ini yang dijual di minimarket terdekat jadi ada baiknya untuk berhati-hati dan jeli memilih. Sebagai gantinya belilah susu yang sudah dipasteurisasi.

 

Potongan daging olahan atau pate

Terakhir adalah daging iris yang biasa dikemas dalam bentuk kalengan dan banyak dijual di minimarket. Selain itu, pate yang biasa dijual dalam bentuk kotak juga adalah pantangan untuk perut ibu hamil. Biasanya makanan seperti itu awet untuk disimpan kulkas dalam waktu yang lama dan jadinya kurang sehat untuk nutrisi wanita yang sedang mengandung.

Jadi bisa disimpulkan kalau masih banyak makanan Jepang yang bisa disantap untuk ibu hamil selama masih segar dan dimasak dengan matang. Yang pasti terus jaga kesehatan selama mengandung!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: