Makanan Jepang dan Pantangan Bagi Ibu Hamil (1)

Sedang hamil namun memutuskan untuk berlibur di ? Atau sedang tinggal dalam waktu yang lama namun khawatir dengan kandungan dan pola makan yang harus diatur? Memang kebutuhan seorang ibu hamil jadi lebih banyak dan harus diwanti-wanti. Apalagi bila sedang berada di negara yang tentu memiliki bukan hanya cuaca tapi pilihan makanan yang beragam.

Nah, di artikel ini Gate akan memberikan apa yang bisa dimakan oleh ibu hamil. Makanan-makanan di bawah ini aman dan tidak berisiko untuk kandungan. Baca yuk sebagai persiapan sebelum travel di Jepang!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Jajanan Jalanan seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Yakitori

Kalau kita menjelajahi area yang ramai seperti Shibuya, memang banyak sekali street food yang menggoda lidah. Nah, untuk ibu hamil tidak usah khawatir untuk mencoba jajanan seperti Takoyaki, Okonomiyaki dan Yakitori. Karena cara masaknya yang sudah dibakar atau digoreng sebelumnya, jadi aman untuk dikonsumsi sebagai cemilan.

 

Shabu-Shabu

Ya, Shabu-Shabu juga bisa menjadi makanan yang cocok untuk ibu hamil. Tapi pastikan dulu merebus irisan dagingnya sampai matang ya karena makanan yang mentah dan kurang matang bisa berisiko untuk perut ibu hamil.

 

Ramen

Membayangkan ramen saja rasanya sudah membuat kita meneguk air liur ya. 

Khusus untuk ibu hamil, makan ramen tidak menjadi pantangan kok. Selagi hangat, makanan seperti mungkin malah akan menjadi sasaran “ngidam” yang memuaskan. Sebagai saran, ada baiknya untuk tidak menikmati ramen yang terlalu pedas, ya.

 

Daging-dagingan seperti Shougayaki, Yakiniku, Katsu

Daging-dagingan sapi, ayam, babi tidak dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil selama dagingnya masih segar, tidak dikonsumsi mentah alias benar-benar dimasak matang. Shougayaki, Yakiniku dan Chicken Katsu adalah contoh daging-dagingan yang direkomendasikan untuk dinikmati. Tidak hanya itu, Sukiyaki dan Donburi juga tidak masuk dalam forbidden list yang berisiko, kok.

 

Seafood dan Ikan Goreng

Dan terakhir adalah ikan! Baik yang diolah menjadi seafood atau ikan goreng boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan yang digoreng secara pas bisa dinikmati selagi hangat, kalaupun ingin dipanaskan kembali, jangan lebih dari sehari ya untuk menjaga kandungan dalam masakannya. Meski begitu hati-hati juga karena ada beberapa orang yang alergi pada ikan atau olahan seafood.

Selain makanan-makanan di atas, harus diingat bahwa sayuran dan buah yang segar juga sangat direkomendasikan untuk menyeimbangkan asupan ibu hamil. 

Di artikel kedua, Gate akan membahas tentang makanan pantangan dan kenapa harus dihindari oleh ibu hamil.

Tunggu ya!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: