Macam-macam Pesta di Jepang (2)

Hello minasan! Sudah baca macam-macam pesta di Jepang di artikel sebelumnya? Di sini Amaria-chan akan menyampaikan lima macam lainnya pesta-pesta dalam budaya . Yuk kita lihat bersama ^^

  1. Pesta Perayaan/Syukuran (お祝い; oiwai)

お祝いSama seperti di Indonesia, di Jepang juga ada loh syukuran. Syukuran di Indonesia biasanya membuat tumpeng atau kue-kue, sambil berdoa bersama. Kalau pesta di Jepang untuk syukuran, biasanya ada kue, masakan, juga berbentuk hadiah atau uang. Banyak sekali pesta perayaan/syukuran di Jepang. Contohnya: 結婚祝;kekkon iwai=Perayaan pernikahan, 入学祝い;nyuugaku iwai=Perayaan diterimanya di sekolah, 誕生日パーティ祝い;tanjoubi iwai=Perayaan ulang tahun, dan sebagainya. Kebanyakan dari pesta perayaan ini dilakukan secara surprise atau kejutan loh. Mudah-mudahan minasan juga bisa merasakan pesta perayaan ini di Jepang bersama teman-teman baru. ^_^

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

  1. Pesta Minum-minum (飲み会; nomikai)飲み会

Jumlah orang yang ikut tidak harus banyak, karena pesta ini hanya bertujuan untuk sekedar minum (sake dan alkohol) sambil mengobrol saja. Biasanya banyak di lakukan di bar dan club-club malam. Tidak diharuskan meminum minuman keras saja, akhir-akhir ini ada pula飲み会; nomikai yang hanya meminum softdrinks, jus atau kopi saja.

 

  1. Pesta Reuni(同窓会パーティー; dousoukai)

Pesta reuni di Jepang disebut同窓会パーティー; dousoukai pātī. Sama halnya seperti di Indonesia, dikhususkan bagi alumnus sekolah, atau perusahaan tertentu.

  1. Pesta Awal Tahun (新年会; shin-nenkai )dan Pesta Akhir Tahun (忘年会; bounenkai)

忘年会

Pesta awal dan akhir tahun di Jepang biasanya dilakukan bersama keluarga, teman, teman sekantor, ataupun bersama kekasih. Pesta awal tahun dilaksanakan pada awal tahun (正月;shougatsu)bisa di lakukan di rumah atau di luar rumah. Selain minum-minum, kebanyakan orang Jepang memakan Mochi dan memakan masakan tahun baru(御節料理;osechi ryouri). Ada juga kebiasaan yang mengharuskan orang yang lebih tua memberikan uang kepada yang lebih muda, lebih dikenal sebagai (お年玉;otoshidama). Pesta Akhir Tahun (忘年会; bounenkai)dilaksanakan pada akhir tahun, sebelum tahun baru. Tidak harus di dalam restoran atau tempat makan saja, minasan bisa juga melakukan pesta ini di kafe, mall, dan sebagainya.

  1. (…………) パーティー;Pesta

たこパーティー

Titik di dalam kurung itu sebenarnya diisi dengan nama jenis makanannya. Misalnya minasan suka banget sushi, kalau dijadikan pesta dan dimakan bersama-sama berarti (寿司パーティー;sushi paatii)Pesta Sushi. Contoh lain makanan di Jepang yang sering dijadikan menu pesta adalah Takoyaki (たこパー;takopaa) artinya Pesta Takoyaki. (お好み焼きパーティー;okonomiyaki paatii) dan lain sebagainya.

 

 

Mina-san, itu dia 5 macam lagi pesta dalam . Ternyata banyak ya, jenis-jenis pesta dalam ! Mina-san apakah pernah mengikuti salah satunya? Atau ingin mencoba ikut salah satu pesta tersebut? ^^.

Leave a Reply

%d bloggers like this: