6 Lagu Jepang Yang Paling Terkenal di Indonesia, Apa Saja?

Beberapa lagu Jepang ternyata tidak terlupakan dan menjadi sangat populer di Indonesia. Mulai dari menjadi lagu pengiring sebuah anime yang terkenal pada jamannya, menjadi theme song dorama cinta sampai dibuat dalam versi bahasa Indonesianya! Apa saja 6 lagu Jepang yang paling terkenal itu? Simak ulasan Gate berikut ini!

 

Utada Hikaru – First Love

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

“You are always gonna be my love
Itsuka darekato mata koi ni ochitemo”

Siapa yang tidak kenal lagu ini? Populer di awal 2000-an, rasa-rasanya lagu Utada Hikaru menjadi salah satu tembang emas yang sulit untuk dilupakan. Sering masuk dalam kompilasi best love songs, lagu ini populer bukan hanya di negaranya namun juga termasuk di Indonesia.

Bahkan sampai sekarang, First Love seakan menjadi lagu yang legendaris. Klasik tapi tetap enak didengarkan!

 

Kokoro No Tomo – Mayumi Itsuwa

Senasib dengan lagu Utada Hikaru, Kokoro No Tomo adalah salah satu lagu asal negara Jepang yang fenomenal di Indonesia. Memiliki arti “teman hati”, saking populernya lagu ini sampai-sampai banyak orang Indonesia yang hafal liriknya di luar kepala. Musiknya yang mellow memang membuat banyak orang mudah menghayatinya.

Penyanyinya sendiri, Mayumi Itsuwa, mengaku bingung dengan begitu terkenalnya lagu Kokoro No Tomo di Indonesia. Terbukti bahkan sampai sekarang, lagu ini terekam sebagai salah satu lagu asal negara lain yang paling memorable terutama untuk generasi 80-an-90-an.

 

Haruka Kanata – Asian Kungfu Generation

Siapa disini yang merupakan penonton setia serial kartun Naruto? Maka lagu ini pasti menjadi akrab di telinga kita semua.

Haruka Kanata yang bernuansa sangat upbeat dinyanyikan oleh grup rock asal Jepang, Asian Kungfu Generation. Ketika serial kartun Naruto diputar di Indonesia sekitar pertengahan 2000-an, lagu ini menjadi opening-nya. 

Kalau kamu ingin bernostalgia, coba putar lagi lagunya deh!

 

Mirai E – Kiroro

Ketika mendengar ini mungkin kamu agak kaget karena ternyata lagu ini begitu mirip dengan lagu yang dinyanyikan Via Vallen berjudul Sayang yang booming itu. Tapi Mirai E adalah lagu yang sebenarnya sudah lama dibuat yaitu tahun 1998 silam. Terlepas dari kontroversi tentang kemiripan dua lagu tersebut, Mirai e bisa dibilang lebih duluan merebut hati banyak pendengar musik di Indonesia karena lagunya yang sendu dan menyentuh. 

 

Sobakasu – Judy and Mary

Sama seperti Naruto, penggemar serial kartun pasti juga akan teringat akan tontonan masa kecil mereka yang lain yaitu Samurai X. Pernah diputar di salah satu stasiun televisi di Indonesia, lagu ini menjadi theme song-nya dan sangat catchy untuk didengar. 

 

La La La Love Song – Toshinobu Kubota

Yang terakhir berasal dari dorama yang cukup populer pada jamannya yaitu Long Vacation. Sama seperti Sobakasu dan Haruka Kanata, La La La Love Song menjadi opening yang biasa menyapa sebelum cerita dimulai. “Maware maware merry go round” mungkin sudah bukan lirik yang asing lagi bagi kamu yang menjadi penggemar dorama ini. 

Selain 6 lagu diatas, apakah kamu tahu lagu-lagu Jepang apalagi yang menjadi sangat terkenal di Indonesia?

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: