Kuroshima, Pulau Hati di Okinawa

Mengetahui sesuatu yang unik, pastinya membuat hati siapa saja tergelitik untuk mengetahuinya, termasuk Minnasan. Di Jepang tepatnya Okinawa, terdapat sebuah pulau yang berbentuk seperti hati jika dilihat dari ketinggian. di Okinawa ini bernama .

Kuroshima (黒島) atau juga bisa disebut dengan Yaeyama adalah sebuah pulau yang berada di kota madya Taketomi, Okinawa di Kepulauan Yaeyama. Memang benar jika dilihat dari udara, pulau ini berbentuk hati sehingga dipromosikan sebagai pulau hati. Namun, nama sebenarnya dari pulau ini berarti “”. Kuroshima terkenal dengan jumlah ternak yang terhitung sampai saat ini mencapai 3042 ekor, sementara jumlah penduduknya hanya berjumlah 232 orang. Maka dari itu sering juga dipromosikan sebagai “Pulau Sapi” karena jumlah sapi di pulau ini lebih banyak daripada masyarakatnya sendiri.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

kuroshima

Kegiatan untuk perekonomian di Kuroshima memang berternak, sehingga memang sebagian besar masyarakat disana memiliki peternakan sapi. Setiap tahunnya di Kuroshima diselenggarakan festival sapi. Kuroshima menawarkan pantai yang indah dengan perairan yang jernih diantara karang-karang yang terhampar, cocok untuk melakukan snorkeling. Kuroshima juga digunakan sebagai rumah bagi Kuroshima Island Research Center yang bekerja untuk melestarikan penyu hijau laut, penyu tempayan dan kura-kura. Salah satunya adalah pantai Nishinohama yang terletak dekat dengan Pelabuhan Kuroshima. Pantai ini bagus untuk lokasi berenang dan melakukan snorkeling. Namun hati-hati jika berada di pantai ini, karena disana banyak terdapat kura-kura yang suka bertelur, terutama diantara bulan April dan September.

Pulau Kuroshima dapat ditempuh dengan perahu selama 30 menit dari pelabuhan Ishigaki dan merupakan target ideal untuk melaksanakan tur sehari. Pulau ini juga cocok jika Minasan ingin menghindar sejenak dari hiruk pikuk perkotaan yang ramai. Tertarik untuk refreshing sejenak ke Kuroshima? ^^

 Taketomi, Yaeyama District, Prefektur Okinawa 907-1311 Jepang 

Leave a Reply

%d bloggers like this: