3 Kuliner Mengenyangkan khas Musim Panas

Berlibur saat musim panas pastinya akan membuat mina-san berpikir makanan apakah yang pas untuk dinikmati dan mengenyangkan. Nah, berikut GATE infokan 3 kuliner mengenyangkan musim panas di Jepang yang wajib dicoba.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Unagi atau belut merupakan kuliner kedua yang wajib mina-san coba saat musim panas di Jepang. Warga Jepang percaya jika mengonsumsi belut saat musim panas baik untuk mencegah kelelahan. Sejak zaman Edo, belut merupakan makanan populer yang dipercaya baik untuk penambah stamina karena kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B dan protein.

Pada musim panas, banyak warga Jepang menyajikan belut dengan cara kabayaki yakni belut dikukus terlebih dahulu sebelum dimarinasi dengan saus manis yang berbahan dasar kedelai. Kemudian dipanggang di atas bara panas.

Unagi  ini bisa mina-san coba dalam berbagai menu seperti nasi dan belut panggang, sushi, ramen, atau masakan lainnya,

 

Hiyashi Chuka

Hiyashi Chuka atau mi dingin merupakan kuliner khas musim panans yang terbuat dari mi China yang didinginkan dan dicampur dengan saus. Mi ini biasanya dilengkapi dengan sayuran seperti timur dan wortel, ham, daging panggang dan telur dadar yang diiris tipis-tipis. Namun, topping biasanya disesuaikan tiap kedai yang menjualnya.

Bumbu mi ini adalah saus tare yang terbuat dari cuka beras, saus kedelai, minyak wijen, dan gula. Hiyashi chuka sudah menjadi makanan yang wajib dinimati saat musim dingin. Selain itu, mi ini menyehatkan bagi tubuh di kala musim panas datang.

 

Somen

Somen atau mina-san bisa sebut dengan misua, merupakan mi putih tipis yang akan sering dijumpai saat musim panas tiba. Umumnya, somen yang telah direbus dicelupkan ke dalam air dingin dahulu, lalu dicelupkan ke dalam kuah mi yang dingin. Barulah bisa dinikmati. Sensasi dingin dan segar akan mina-san rasakan saat memakan somen ini.

Saus tsuyu adalal saus yang digunakan untuk menikmati somen. Saus ini berbahan dasar katsuobushi (tuna kering) yang dicampur dengan bawang bombai dan jahe. Terkadang mi ini disuguhkan dengan es agar lebih segar serta tambahan topping lain.

 

Saat berkunjung pada musim panas di Jepang, jangan lupa mencoba salah atau atau ketiga kuliner di atas ya, mina-san!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: