Kuil Emas Kinkakuji yang Wajib Dikunjungi Saat di Kyoto

Mengunjungi Kyoto tentu tidak lengkap jika tidak mampir ke . Lokasi tepatnya ada di 1 -cho, Kita-ku, . Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, ada beberapa cara yang bisa mina-san lakukan. Salah satu yang paling terkenal adalah dengan dengan bus kota Kyoto. Ini juga merupakan cara paling mudah, murah dan cepat apalagi jika mina-san datang dari stasiun Kyoto. Di terminal bis utama yang ada di bagian utara bangunan stasiun Kyoto, mina-san tinggal cari bus kota Kyoto dengan nomor #205 yang datang dari Stand B3 di pusat terminal. Jam keberangkatannya sangat bervariasi, jadi mina-san tinggal cari jam yang sesuai jadwal dan itinerary saja. Dengan menggunakan bus ini, minna-san cukup menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja menuju Kinkakuji.

Tapi ketika akan ke Kinkakuji lewat terminal ini, jangan sampai salah naik bis ya. Bis yang mina-san harus cari adalah bus #205, bukan Rapid 205. Gambar bus #205 adalah yang seperti di bawah ini.

Sedang bus Rapid 205 memiliki tulisan seperti ini :

Selain itu, mina-san juga bisa mengambil bus dengan nomer #101 yang ada di Stand B2. Bus ini juga Cuma butuh 40 menit kok untuk sampai Kinkakuji hanya saja bus ini cocok untuk turis luar negeri karena memiliki pengumuman dalam 3 bahasa yaitu Inggris, Cina dan juga Korea. Plus, semua bis #101 akan berhenti di Kinkakuji, jadi mina-san nggak perlu takut kebablasan. Bus #101 memiliki ciri seperti ini ya, mina-san :

Lalu apa yang bisa dinikmati jika sudah sampai di Kinkakuji? Dari kejauhan saja mina-san akan siap terpukau dengan silaunya emas dari 2 lantai teratas dari kuil yang dikelilingi oleh kolam besar ini. Nah, kuil yang dulunya adalah vila peristirahatan bagi shogun Ashikaga Yosimitsu ini memiliki 3 lantai yang mana lantai pertama dibangun dengan gaya Shinden memakai pilar kayu alami dan berdinding putih. Ada patung Budhha Shaka dan Yoshimitsu di sini.

Kuil emas Kinkakuji
Kuil Emas Kinkakuji

Naik ke lantai dua, mina-san akan melihat ruangan dengan gaya Bukke yang dulunya jadi tempat tinggal sang Samurai. Di sini sebenarnya ada Kannon Bodhisattva yang dikeliling oleh patung Four Heavenly Kings, hanya saja tidak bisa dilihat oleh orang umum. Lalu di lantai tiga atau lantai paling atas, ada sebuah balai dengan gaya Zen China yang juga tak kalah menarik untuk mina-san kelilingi.

Setelah puas berjalan-jalan di area kuil, mina-san bisa juga melihat bekas tempat tinggal para biksu dan sebuah patung unik. Katanya kalau kita melempar koin di patung ini, kita akan dipenuhi dengan keberuntungan loh. Bagaimana, akankah kuil emas Kinkakuji bakal masuk itinerary mina-san?

 1 Kinkakujicho, Kita Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 603-8361, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: