Kota Kecil di Jepang yang Wajib Dikunjungi: Inuyama

Inuyama (犬山), yang secara harafiah berarti “gunung anjing”, adalah sebuah kota di , tidak jauh dari Nagoya. Kota ini terkenal akan kastilnya yang kecil tetapi indah. Kastil ini merupakan salah satu kastil kayu tertua di dan material bangunannya masih asli yang berhasil bertahan dari perang dan bencana alam selama bertahun-tahun.

Pemandangan Sungai Kiso menghiasi perbatasan utara kota. Di sana ramai oleh para pemancing menggunakan burung pecuk dari bulan Juni hingga pertengahan Oktober setiap tahun. Di bagian tenggara kota adalah Meiji Mura, taman terbuka historikal yang terinspirasi dari Zaman Meiji.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Apa saja yang bisa Mina-san lakukan saat berkunjung ke Inuyama?

 

1. Kastil Inuyama

Kastil Inuyama (犬山城, Inuyamajō) awalnya dibangun pada 1537, dan bentengnya adalah salah satu bangunan tertua di Jepang. Kastil ini adalah salah satu dari 12 kastil tersisa yang selamat dari bencana alam dan peperangan sejak zaman feudal di Jepang. Kastil Inuyama juga salah satu dari lima kastil di Jepang yang benteng utamanya dijadikan warisan . Empat kastil lainnya adalah Kastil Himeji, Kastil Matsumoto, Kastil Hikone, dan Kastil Matsue.

Kastil ini berdiri di puncak bukit kecil di samping Sungai Kiso. Hampir seluruh benteng utamanya dibangun dengan kayu dan bebatuan. Interiornya dilestarikan dengan indah dan memberikan nuansa otentik tanpa rekonstruksi tambahan apa pun dari masa kini, seperti lift.

Bagian kastil yang dilestarikan lainnnya adalah tangga curamnya setinggi empat tingkat. Tangga tersebut digunakan pengunjung untuk naik ke bagian puncak kastil. Meski curam, tetapi pengunjung akan dimanjakan pemandangan seluruh istana dan Sungai Kiso. Tidak itu saja, ada juga beberapa ruangan dalam benteng yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah ruang pengintai yang digunakan untuk mengamati musuh dan ruangan dengan banyak lubang yang digunakan untuk melempar batu ke arah musuh saat diserang.

 

2. Meiji Mura

Meiji Mura (明治村), yang berarti Desa Meiji, adalah salah satu museum terbuka paling luar biasa di Jepang. Museum ini memamerkan lebih dari 60 bangunan dari Zaman Meiji (1868-1912), zaman di mana masa feodalisme berakhir. Arsitektur gedungnya sangat dipengaruhi dari Barat.

Di Inuyama, ada taman hiburan di dalam area hutan di samping Kolam Iruka. Meiji Mura adalah museum terbuka yang paling sering dikunjungi di Jepang. Mina-san akan butuh waktu sekitar setengah hari untuk menjelajahi seluruh area museum dan fitur-fitur yang disajikan.

Atraksi lainnya adalah bekas Penjara Kanazawa, Sentral Telepon Sapporo, kantor prefektur Mie, tempat tinggal untuk tamu asing milik Nagasaki, rumah sakit, pabrik sake, dan sekolah. Sebagian gedung sudah diubah menjadi kafe, toko permen, dan toko permainan tradisional untuk dinikmati para pengunjung. Ada juga bus yang melewati area pedesaan, beserta kereta tram dan lokomotif uap.

 

3. Taman Urakuen

Urakuen (有楽苑) adalah taman Jepang di Inuyama, tepat di sebelah timur Kastil Inuyama. Di sinilah lokasi Jo-an, salah satu rumah teh Jepang yang paling terkenal dan menjadi salah satu warisan budaya.

Jo-an dibangun pada tahun 1618 sebagai bagian dari kompleks kuil di Kyoto, beserta sebuah ruang belajar bernama Shodenin Shoin. Jo-an dibangun oleh Oda Uraku, seorang murid Sen-no-Rikyu, master upacara minum teh paling terkenal di Jepang. Beliau juga adik dari sang legenda Oda Nobunaga.

Pada tahun 1972, ruang belajar dan rumah teh dipindah dari Kyoto ke lokasi saat ini di Urakuen, yang dinamai dari Oda Uraku. Sekarang, para pengunjung dapat menikmati teh di beranda Shodenin Shoin dan hanya bisa mengintip bagian dalam Jo-an dari luar saja.

Masih di Urakuen, terdapat hutan bambu dan rumah teh lainnya. Biasanya di pertengahan bulan November, taman teh yang hijau memperlihatkan warna musim gugurnya yang menakjubkan.

Inuyama, 犬山市, Aichi Prefecture, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: