Kota Kecil di Jepang yang Wajib Dikunjungi: Hikone

Hikone adalah kota kecil di tepi Danau Biwa, danau terbesar di . Hikone berada di , dekat pusat Jepang. Kota ini memiliki populasi 110.000 penduduk. Berkat nuansa alamnya yang beragam di setiap musim, Hikone selalu menarik perhatian turis sepanjang tahun.

Kota ini paling terkenal akan kastilnya, salah satu dari empat kastil di Jepang yang dijadikan warisan budaya. Jika Mina-san sedang bepergian dari Tokyo ke Kyoto, sangat disarankan untuk mampir ke Hikone selama 3-6 dalam perjalanan.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Apa saja yang bisa Mina-san lakukan saat mampir ke kota Hikone?

1. Kastil Hikone

Setelah pengerjaan selama 20 tahun, Kastil Hikone selesai dibangun pada tahun 1622. Puncak kastil adalah tahta untuk para tuan tanah hingga akhir zaman feudal pada tahun 1868.

Saat ini, Kastil Hikone tetap memiliki material aslinya. Ia belum pernah mengalami kehancuran atau renovasi. Selain benteng, sebagian besar parit, dinding, rumah penjaga, dan gerbang masih tetap utuh. Ditambah lagi, bagian dalam istana telah direkonstruksi, sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan istana secara utuh.

Seperti kastil lainnya di Jepang, halaman Kastil Hikone berubah menjadi tempat melihat pemandangan bunga sakura saat musim semi. Pohon sakura di kastil ini mekar seminggu setelah sakura di Kyoto, sekitar awal hingga pertengahan April. Selain itu, ada pula Taman Genkyuen yang berada di bagian dalam istana.

 

2. Taman Genkyuen

Taman Genkyuen adalah taman lanskap dengan kolam di tengah taman dan jalur pejalan kaki yang melingkari kolam tersebut. Taman ini dibangun di tanah Kastil Hakone pada tahun 1677 oleh para tuan tanah untuk menghibur tamu-tamu dan keluarga mereka. Taman ini diadaptasi dari sebuah taman istana di Tang China.

Terdapat empat pulau kecil di sekitar kolam yang dihubungkan dengan jembatan. Benteng utama kastil berdiri di bukit belakang taman yang menjadi pemandangan tambahan. Di samping kolam, terdapat bangunan kayu yang digunakan untuk menghibur para tamu istana. Sekarang, gedung tersebut digunakan para turis untuk menikmati teh yang bisa dibeli seharga 500 yen.

Di samping taman, berdiri Istana Rakurakuen. Istana ini adalah tempat tinggal keluarga para tuan tanah. Istana ini sedang dalam renovasi. Renovasi dijadwalkan selesai pada tahun 2025. Meski begitu, renovasi istana sama sekali tidak mengganggu kunjungan turis ke Taman Genkyuen.

 

3. Jalan Kastil

Jalan Kastil Yume Kobayashi adalah jalanan tepat di luar Kastil Hikone. Jalan ini telah dirombak menjadi gabungan desain kastil zaman dulu dengan nuansa modern dan pusat perbelanjaan masa kini.

Bangunan di sepanjang jalan didesain seperti rumah-rumah Zaman Edo dengan dinding putih, atap hitam, dan pintu geser. Berbagai butik, restoran, kafe, toko suvenir ada di sepanjang jalan ini demi memuaskan para turis usai berkunjung ke kastil.

 

4. Jalur Pinus Irohamatsu

Di sepanjang parit kastil, ada 47 pohon pinus Tosa. Pohon pinus ini dipilih karena akarnya tidak menyembul ke tanah, sehingga tidak menghambat orang-orang dan para kuda berlalu-lalang. Jalanan di sepanjang pohon dinamai Irohamatsu dari 47 huruf alfabet Jepang kuno I, Ro, dan Ha. Nama lainnya adalah “Matsunoshita” yang berarti “di bawah pohon pinus”. Para tuan tanah dulunya melewati jalur ini untuk pulang-pergi ke Edo (Tokyo).

 

5. Alun-Alun Yonbancho

Alun-alun Yonbancho dulunya menjadi pusat kota penduduk Hikone. Sekarang, alun-alun ini telah berubah menjadi area perbelanjaan. Lampu-lampu gas di sepanjang alun-alun memberikan nuansa nostalgia romantis ala era Taisho. Suara-suara air di tempat ini memberikan ketenangan dan bikin Mina-san betah berlama-lama di sini.

Hikone, 彦根市, Shiga Prefecture, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: