Kota Kecil di Jepang yang Wajib Dikunjungi: Beppu

Beppu adalah kota di Pulau Kyushu yang terkenal akan mata air panas alaminya di . Setiap harinya, air panas alami kaya mineral mengalir sebanyak 130.000 ton di tanah kota ini. Air sebanyak itu mencakup 10% aliran air di setiap harinya. Para penduduk kota Beppu memanfaatkannya untuk berbagai hal termasuk objek pariwisata seperti onsen, pemandian pasir, dan kolam renang air panas.

Apa saja yang bisa Mina-san lakukan saat berkunjung ke Beppu?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

1. Onsen

Beppu memiliki lebih dari 100 onsen. Mina-san bisa memilih berbagai jenis pemandian air panas di Beppu. Kota ini memiliki delapan jenis pemandian air panas yang berbeda: Beppu Onsen, Kannawa Onsen, Myoban Onsen, Kankaiji Onsen, Hamawaki Onsen, Kamegawa Onsen, Horita Onsen dan Shibaseki Onsen. Bahkan di beberapa penginapan atau ryokan, Mina-san dapat merasakan pemandian privat di kamar penginapan.

 

2. Memasak Dengan Uap

Karena memiliki air panas yang sangat banyak, uap air panas dapat terlihat di sekitar gedung-gedung kota Beppu. Selama berabad-abad, orang-orang telah memanfaatkan uap air panas untuk memasak. Hasil masakannya dinamai “Hell Steam Cuisine”. Rasanya sederhana dan sehat karena tidak memakai bahan pengawet apa pun saat dimasak. Katanya, mineral yang terkandung dalam uap juga menonjolkan cita rasa makanan.

Mina-san dapat memasak makanan sendiri dengan uap air panas di Jigokumushi Kobo Steam Cooking Center (地獄蒸し工房鉄輪). Letaknya tidak jauh dari Jigoku di Kannawa. Para relawan bekerja di sini. Pusat gedung memiliki restoran dan dapur umum dengan banyak ruang uap yang bisa disewa untuk memasak.

Mina-san bisa membawa makanan sendiri atau belanja makanan dengan harga terjangkau. Makanan di sini menyediakan sayur mayur, daging ayam, ikan laut, beserta nasi putih dan lauk pauk lainnya seharga 150-3000 yen. Es krim dan minuman juga tersedia, tetapi minuman beralkohol tidak boleh dibawa ke dalam gedung.

 

3. Jigoku (Neraka)

“Neraka” (地獄) Beppu adalah tujuh mata air panas yang hanya dilihat sebagai pemandangan ketimbang untuk mandi. Air panas di Jigoku terlalu berbahaya untuk dijadikan pemandian. Sama seperti namanya, sebagian kolam air panas memiliki warna air yang sangat merah seperti neraka.

 

4. Gunung Tsurumi

Gunung Tsurumi (鶴見岳, Tsurumidake) adalah gunung yang memiliki ketinggian 1375 meter di kota Beppu. Gunung ini bisa diakses dari Kereta Gantung Beppu. Kereta ini dapat membawa pengunjung ke ketinggian 800 meter sampai ke sebuah taman kecil di dekat puncak gunung. Taman ini memberikan beberapa tempat melihat pemandangan di atas kota Beppu, kota Oita, Gunung Yufu dan apabila cuaca sedang cerah, Gunung Kuju yang berada di kejauhan.

Puncak Gunung Tsurumi dapat dicapai dengan berjalan selama 15 menit dari stasiun kereta gantung. Jika Mina-san sedang merasa tertantang, Mina-san bisa mendaki gunung selama dua jam di jalur pendakian yang dimulai dari stasiun kereta gantung.

Pemandangan di sekitar Gunung Tsurumi berubah-ubah di setiap musim. Di awal hingga pertengahan April, terdapat 2000 pohon ceri bermekaran di sekitar stasiun kereta gantung. Karena itu di bawah Gunung Tsurumi sering dijadikan tempat hanami yang paling populer. Warna rhododendron di lereng gunung dapat dilihat di pertengahan Mei hingga awal Juni.

 

5. Akuarium Umitamago

Umitamago (うみたまご) adalah akuarium di pinggiran kota Beppu. Akuarium ini sangat menarik dengan desainnya dan pameran lainnya yang membuat Mina-san merasa seolah berkunjung ke museum modern ketimbang ke akuarium.

Para binatang yang hidup di akuarium ini adalah pinguin, lumba-lumba, anjing laut, berang-berang, dan berbagai jenis ikan. Berkunjung ke Akuarium Umitamago tidak lengkap kalau belum datang ke Taman Monyet Takasakiyama yang tidak jauh dari sana.

Beppu, 別府市, Ōita Prefecture, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: