7 Ragam Cara Memanfaatkan Konbini di Jepang

adalah convenience store di . Hadirnya sangat berguna untuk masyarakat Jepang. Meski tidak sebesar supermarket, tetapi konbini menawarkan banyak sekali jenis barang dan jasa.

Namun, setiap konbini di Jepang tidak selalu sama. Setiap konbini dibangun sesuai demografi, iklim, dan lokasinya. Barang yang disediakan juga banyak yang musiman. Misalnya, saat musim hujan, akan ada payung-payung murah tersedia di konbini. Jika area konbini dekat kampus, maka akan dijual makanan dan minuman murah sesuai dompet mahasiswa. Namun, kalau konbini ada di area pantai, bola-bola voli dan perlengkapan berenang akan dijual sesuai musimnya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Nah, dengan variasi konbini yang sangat fleksibel tersebut, baik turis mau pun orang Indonesia yang menetap di Jepang dapat memanfaatkannya dengan maksimal seperti berikut ini!

Latihan Bahasa Jepang

Konbini seperti Seven Eleven menciptakan Konbini Keigo. Para staf melayani pelanggan dengan bahasa yang sangat sopan dan hormat. Meski sangat formal dan terlalu cepat untuk didengar telinga orang asing, tetapi sangat mudah diucapkan dan dilatih berulang-ulang. Bisa jadi tambahan pelajaran bahasa Jepang, deh!

 

Memesan Tiket

Dari tiket transportasi hingga tiket acara lokal, semua tersedia di konbini terdekat!

 

Fotokopi dan Mencetak Dokumen Penting

Dari alat-alat tulis kantor, fotokopi, jasa cetak dokumen dan pengiriman fax tersedia di konbini. Selain itu, jika berada di area perkantoran, konbini juga menjual dasi dan perlengkapan kantor lainnya untuk para pekerja.

 

Rest Area

Konbini di area pinggiran kota dan pedesaan biasanya memiliki lapangan parkir yang luas. Tempat parkir yang nyaman sulit ditemukan di Jepang. Jadi, orang-orang biasanya memanfaatkan tempat parkir di konbini untuk beristirahat sejenak di mobil.

 

Membaca

Sangat umum sekali buat orang Jepang membaca buku atau majalah selama berjam-jam di konbini terdekat.

 

Mencari Lowongan Pekerjaan

Ya! Konbini menerima orang asing yang tinggal di Jepang untuk bekerja. Syaratnya cukup mudah, kok. Harus bisa bahasa Jepang dan menguasai Keigo konbini tempat bekerja.

 

Menggunakan Toilet

Toilet umum di konbini sangat bermanfaat. Hal ini dikarenakan banyak area pemukiman di Jepang yang tidak punya toilet umum. Namun, untuk bisa memakai toilet konbini, harus meminta izin staf yang berjaga terlebih dulu, ya. Kecuali jika ada tanda yang menunjukkan toilet bisa digunakan oleh umum.

 

Transaksi Perbankan

Mesin ATM di konbini adalah yang terbaik di Jepang. Tidak hanya melayani transaksi lokal, ATMnya juga melayani transaksi dengan kartu bank asing. Transaksi perbankan lainnya seperti membayar tagihan juga tersedia. Terkadang orang-orang lebih senang bertransaksi di konbini daripada pergi ke bank.

 

Membuang Sampah

Jepang tidak memiliki banyak tempat sampah umum. Maka dari itu, penduduknya sering membuang sampah rumah mereka di konbini terdekat. Pastikan Minna-san mengikuti aturan membuang sampah yang tertera di sana, ya.

 

Mengirim Tas dan Koper

Konbini menyediakan jasa takkyubin. Jika Minna-san malas membawa tas atau koper di bandara saat bepergian, kirimkan saja ke kota tujuan melalui jasa konbini. 

 

Mengikuti Undian Berhadiah

Secara rutin, konbini mengadakan undian berhadiah. Caranya, Minna-san harus mengambil kartu dari dalam kotak. Jika beruntung, Mina-san bisa dapat hadiah berupa satu atau dua produk yang ditawarkan konbini. Kalau Minna-san sedang berkecil hati, coba saja ikuti undian ini. Siapa tahu Mina-san beruntung!

 

Mengirimkan Makanan

Konbini di Jepang biasanya mengirimkan makanan sebanyak 2-5 kali sehari. Konbini menyediakan sayuran segar yang tidak laku apabila sudah dijual selama beberapa jam. Barang-barang kesehatan lainnya juga tersedia. Mina-san bisa mendapatkan sayur mayur, onigiri, salad segar, roti lapis, dan bento. Mudah dan nyaman sekali, bukan?

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: