Kobe Beef : Apanya yang spesial?

Beberapa tahun yang lalu, bahkan sebagai seorang yang sangat buta tentang pun saya mengenal Beef. Biasanya kalau di restoran, daging sapi dari ini memiliki harga paling mahal. Wah, pasti enak banget ya daging ini? Tapi apa sih yang membuat Beef enak dan mahal? Apa yang membuatnya spesial, sih?

0020 kobe beefJadi, itu berasal dari suatu prefektur spesial di Jepang yang bernama Hyogo Prefecture, di mana memang ibukota prefektur Hyogo adalah Kobe. Pada awalnya, jaman dahulu sapi diperkenalkan ke Jepang sebagai hewan pekerja pembajak sawah. Namun, karena keterbatasan wilayah, sapi-sapi tersebut dikembang-biakkan terisolasi dari dunia luar.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Nah, pengembang-biakan yang terisolasi inilah yang pada ahirnya menyebabkan perbedaan yang unik dalam rasa dan tekstur.  terkenal karena rasa, kelembutan dan jumlah lemak intramuskular yang tinggi, yang memberikan penampilan daging Kobe Beef terlihat seperti marmer.

Sampai saat ini, terdapat tiga “legenda” tentang bagaimana Kobe Beef bisa menghasilkan kenikmatan yang luar biasa. Legenda pertama 0020 KobeBeef Japan-01adalah, katanya, sapi Kobe semasa hidupnya diberi konsumsi bir. Legenda kedua, katanya, sapi Kobe setiap hari dipijit menggunakan sake (tuak dari beras, khas Jepang) agar dagingnya empuk. Sementara legenda ketiga, adalah bahwa para sapi Kobe setiap hari diperdengarkan musik klasik agar para sapi lebih rileks dan dapat menghasilkan daging berkualitas prima.

Meski terdapat legenda-legenda tersebut, tapi tetap saja sesungguhnya tidak ada yang dapat membuktikan legenda-legenda tersebut benar terjadi. Namun legenda-legenda tersebut jadi memberikan kesan bahwa daging sapi Kobe Beef dihasilkan dari sapi-sapi yang menjalani kehidupan bak raja.

Pada akhirnya, pembuatan daging sapi Kobe pun jadi memiliki kemisteriusan sendiri yang menambah kualitas daging bagi para penikmatnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: