Kenapa Orang Jepang Rata-Rata Berumur Panjang?

Pasti minna-san sudah pernah mendengar tentang bagaimana banyak orang berumur panjang lebih dari 90 tahun, bahkan ada yang menyentuh angka 100 tahun! Ya, memang sering disorot karena riwayat usia masyarakat Jepangnya rata-rata mampu bertahan panjang dan bahkan mereka masih terlihat segar bugar.

Lalu kenapa bisa berumur panjang?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Faktor utamanya ternyata adalah kesadaran orang Jepang untuk menjaga kebugaran tubuh dan kebutuhan akan makanan sehat. Walau terdengar sederhana namun kiat yang satu ini benar-benar ampuh lo, minna-san. Orang Jepang paling anti yang namanya merokok dan suka memakan makanan tanpa lemak dan gula berlebih. Kebiasaan memakan ikan yang lebih baik mentah, sayur-sayuran, rumput laut dan kebiasaan minum teh juga turut mempengaruhi budaya mereka sehingga kemudian mereka terbiasa dengan gaya hidup sehat seperti itu.

Namun selain itu, banyak orang Jepang bisa berumur panjang karena suka menjalin komunikasi dengan orang-orang di sekitarnya seperti tetangga dan kawan lama. Sosialisasi dan keramahan yang dijaga secara baik ini ternyata punya manfaat untuk membuat mereka menjadi lebih bahagia dan panjang umurnya. Mereka tidak pandang usia untuk bergaul atau diajak beramah-tamah sehingga jauh dari perasaan depresi atau tekanan yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Ada juga faktor lain yang dianggap menjadi alasan kenapa banyak orang Jepang bisa berumur panjang, yaitu dari segi transportasi. Karena jarangnya penggunaan sepeda motor dan mereka lebih suka berjalan kaki, mereka jadi terbiasa menerapkan pola itu untuk sehari-hari. Maka istilah “jogging” di Jepang sudah bukan olahraga yang membebani lagi namun menjadi sesuatu yang biasa, minna-san.

Nah, kalau minna-san ingin mencontoh kiat-kiat tersebut, sebenarnya cukup mudah bukan? Yang diperlukan hanya kesadaran dan keinginan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Mulai hari ini, mari kita belajar banyak dari orang Jepang yang berumur panjang!

Leave a Reply

%d bloggers like this: