Kenapa Harus Memakai Sandal Sebelum Masuk Rumah di Jepang?

Sama seperti di Indonesia, orang Jepang juga melepas sepatunya saat masuk rumah di Jepang. Namun, mereka mengenakan sandal rumah dari pintu masuk. Dan budaya mengenakan sandal di dalam rumah juga memiliki maknanya sendiri di Jepang, lho!

Kebanyakan lantai tempat tinggal di Jepang ditinggikan menjadi 60 sentimeter dari teras pintu masuk. Teras pintu masuk inilah yang disebut , tempat di mana minna-san melepas sepatu sebelum menggantinya dengan sandal yang sudah disediakan di rumah. Setelah melepas sepatu, pastikan minna-san menata sepatu dengan rapi dan hadapkan ujung sepatu ke pintu masuk.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Mengapa bagian dalam rumah selalu lebih tinggi daripada genkan? Desain rumah seperti ini sangat cocok untuk semua cuaca. Di samping itu, dengan meninggalkan sepatu yang kotor di pintu masuk, rumah tetap terjaga kebersihannya. Selain menjaga kepraktisan, melepas sepatu di rumah Jepang juga memiliki makna spiritual. Melepas alas kaki dan melangkah naik ke bagian dalam rumah dapat meningkatkan kesadaran minna-san bahwa minna-san sedang memasuki ruang pribadi orang lain yang harus dihormati.

Jika rumah yang minna-san kunjungi berlantai tatami di lorong atau di ruang lainnya, minna-san wajib melepas sandal yang minna-san kenakan lalu meninggalkannya di luar ruangan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan aktivitas rumah dilakukan di lantai rumah. Seperti makan di meja rendah, menonton televisi di lantai, menggelar futon untuk tidur, dan masih banyak lagi.

Sebagai tambahan, budaya Asia meyakini bahwa telanjang kaki di rumah sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Telanjang kaki dapat menstimulasi titik-titik refleksi tubuh. Kalau kamu mengenakan sepatu sepanjang hari, kaki minna-san tidak bisa bernapas dan diregangkan.

Sebagian hotel dan penginapan di Jepang juga meminta minna-san untuk meninggalkan sepatu di pintu masuk lalu menggantinya dengan sandal untuk dikenakan di penginapan. Ketika minna-san hendak menggunakan toilet pun, ada pula sandal khusus disiapkan di dalam toilet untuk dikenakan.

Oh ya, jangan lupa untuk selalu mengenakan kaus kaki saat mengenakan sandal di dalam rumah. Saat melepas sandal ketika memasuki ruangan bertatami, tetap kenakan kaus kaki minna-san. Pastikan minna-san meninggalkan sepatu di genkan dalam keadaan rapi sebelum memasuki rumah!

Leave a Reply

%d bloggers like this: