Kenali Perbedaan Udon, Ramen, dan Soba

Bagi masyarakat Jepang, mie menjadi makanan pokok kedua setelah nasi. Ada beberapa jenis mie yang biasa dikonsumsi orang Jepang. Dari sekian jenis mie di Jepang, ada tiga jenis mie yang populer, yakni , , dan . Seperti apa sih bedanya dan soba? Berikut ini Gate beberkan perbedaan ketiganya.

Ramen
Mie asal Cina ini bisa dibilang yang paling populer bagi penikmat masakan Jepang. Terbuat dari tepung terigu menjadikan ramen memiliki tekstur yang lebih kenyal. Bentuk dan panjangnya pun beragam, ada yang tebal, tipis, keriting, atau lurus.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Ramen disuguhkan selalu dalam kondisi masih panas, karena titik terlezat dari semangkuk mie ramen adalah kuah panasnya yang sangat kaya rasa. Kuah ramen bisa berupa kuah kaldu bening atau keruh, yang berasal dari shoyu, miso, atau shio. Dalam penyajiannya ramen dilengkapi dengan topping chasiu (irisan daging babi), nori (rumput laut), telur rebus, irisan daun bawang, dan jagung.

Udon
Ukuran udon lebih besar dibandingkan ramen dan soba. Mie asli Jepang ini berbahan baku terigu, bentuknya tebal dan berwarna putih.

Udon dapat disajikan dalam kondisi panas atau dingin dengan kuah kaldu bening atau kuah kaldu keruh. Minnasan bisa memilih berbagai olahan udon seperti kamaage udon, tanuki udon, kitsune udon, hingga curry udon yang berkuah kare. Udon biasanya dihidangkan dengan tempura, aburaage (tahu kulit), kamaboko (otak-otak) dan shinchimi.

Soba
Soba adalah mie asal Jepang yang dibuat dari tepung gandum. Bentuknya tipis seperti ramen dan berwarna cenderung putih dan pucat. Ada pula soba yang berwarna agak hitam kehijauan karena dalam pembuatannya dicampur dengan teh hijau.

Ada dua cara penyajian soba, yakni panas dan dingin, dengan kuah kaldu bening dari kecap asin yang berwarna tdk pekat atau kuah kaldu keruh terbuat dari kecap asin yang pekat. Cita rasa kuahnya pun beragam, tergantung dari daerah soba ini berasal. Soba dinikmati dengan tambahan tempura, nori (rumput laut kering), atau tsukimi (telur mentah yang dipecahkan di atas mie).

Nah, itulah tadi bedanya udon ramen dan soba. Apapun jenis mie Jepang yang minnasan santap, nikmatilah dengan cara menyeruputnya dengan suara keras. Jangan merasa khawatir dianggap tidak sopan karena bagi masyarakat Jepang hal tersebut justru dianggap sangat menghargai kerja keras pembuat mie.

Leave a Reply

%d bloggers like this: