Kampus Pilihan di Jepang untuk Para Pecinta Desain Animasi

Berbicara tentang animasi, Jepang, saat ini boleh jadi sangat berprestasi. Dibanding dengan negara-negara lain, industri animasi di Jepang bisa dikatakan melaju dengan pesat. Beberapa anime atau animasi besar dari Jepang, banyak disukai oleh banyak penikmat anime di seluruh dunia. Mina-san tertarik menjadi bagian dari proses pembuatan anime-anime tersebut? Mengapa tidak bersekolah di kampus pilihan di Jepang untuk bidang ini?

Dunia desain, semakin hari semakin menemukan momentumnya untuk menarik perhatian banyak orang. Kecanggihan teknik dan teknologi dalam menciptakan tokoh-tokoh animasi nyatanya mampu menyihir mata. Tidak heran jika bidang ini menarik banyak minat di kemudian hari.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Produk-produk kreativitas masyarakat Jepang, salah satunya anime, memang mewabah di Indonesia. Gambar-gambar kartun dengan kekhasannya masing-masing, mendapatkan tempat istimewa bagi para penikmatnya. Pengemasannya juga beragam, dari mulai berbentuk komik hingga film animasi. Keduanya sama-sama memiliki peminat yang militan.

Pada akhirnya, sambutan masyarakat luas yang sangat baik ini, tidak lahir begitu saja. Para kreator anime-anime terkenal, tidak secara instant menciptakannya. Ada teknik-teknik yang perlu dipelajari. Entah dipelajari secara autodidak atau melalui lembaga-lembaga pendidikan yang formal.

Bagi Mina-san yang tertarik mendalami ilmu-ilmu pembuatan animasi atau apa pun yang bernuansa desain, berikut ini dua lembaga atau institusi pendidikan di Jepang yang bisa dipertimbangkan.

1. Yokohama Design College

Kampus pilihan di Jepang

Yokohama Design College merupakan sebuah lembaga pendidikan di Jepang yang mengkhususkan diri ke bidang Fashion Design dan Animasi dan Manga. Lembaga pendidikan ini sudah berdiri sejak 1948. Yokohama Design College menyediakan berbagai jurusan untuk Mina-san yang sangat tertarik terhadap dunia desain. Seperti Animasi Desain, Ilustrasi Desain dan jurusan desain lainnya.

2. Universitas Kesenian Tokyo

Universitas Kesenian Tokyo atau Tokyo Geijutsu Daigaku merupakan salah satu dari sekian banyak universitas terbaik di Jepang yang menyediakan atau memfasilitasi mahasiswa-mahasiswinya untuk belajar desain animasi. Baru-baru ini, universitas yang biasa disingkat GEDAI mempertontonkan hasil karya dari para mahasiswa pascasarjana Fakultas Seni Murni jurusan Animasi Film dan Media Baru berupa 16 video animasi dan film animasi pendek.

Salah satu video yang diunggah bahkan mendapat penghargaan di ajang Japan Media Arts Festival Award ke 14. Video film animasi karya para mahasiswanya berjudul Wakaranai Buta meraih Excellence Prize pada ajang tersebut. Pada proses pembuatannya, para mahasiswa desain animasi juga dibantu oleh para mahasiswa seni musik guna pengayaan soundtrack. Untuk dapat melihat karya-karya mahasiswa GEDAI, Minna-san bisa mengunjungi Gedai Animation di Youtube.

GEDAI memang tidak main-main dalam mencetak para animator. Sebut saja Takashi Murakami dan Yusuke Iseya. Keduanya merupakan lulusan dari universitas ini.

Selain dua universitas terkemuka tersebut, Jepang masih memiliki beberapa lembaga pendidikan formal yang menawarkan jurusan desain animasi. Beberapa kampus pilihan di Jepang tersebut antara lain Universitas Tokyo, Waseda University, Kyushu University, dan Osaka University. Perbanyak tahu, lalu jatuhkan pilihan! Selamat berjuang, Mina-san!

 Japan, 〒220-0051 Kanagawa-ken, Yokohama-shi, Nishi-ku, Chūō, 1 Chome−33−6 1 220 0051

Leave a Reply

%d bloggers like this: