Kakigori, Es Serut Menyegarkan Dari Jepang

Mendengar kata Es Serut, pikiran pasti akan memikirkan sesuatu yang segar-segar. Dinginnya es yang diserut seperti salju membuat tenggorokan menjadi dingin ketika dimakan. Tidak hanya di Indonesia, di Jepang pun ada es serut ala mereka. Namanya adalah .

Kakigori ((かき氷) adalah dessert asal Jepang yang terbuat dari es serut dengan sirup manis dan berbagai topping yang dapat dipakai seperti potongan buah, ice cream, kacang merah maupun pannacota. Es ini merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang sudah ada sejak lama yaitu pada masa periode Heian sekitar abad ke-11. Pada masa itu, es dihancurkan dengan pisau dan ditaruh dalam mangkuk logam dan dimakan dengan cairan manis dan jenis tanaman merambat seperti hydrangea dan ivy serta sirup emas idatasnya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Secara tradisional, balok es untuk membuat kakigori diserut secara manual dengan alat serut. Namun sekarang sudah banyak toko-toko yang menjual alat penyerut es yang elektrik sehingga mempermudah dalam penyajian es serut khas Jepang ini.  Es ini biasanya dijual di toko-toko, kedai-kedai, restoran hingga pada saat acara festival.

kakigoriSelain berbentuk kerucut, kakigori kini juga dapat dibuat menjadi bentuk yang unik seperti beruang. Es serut dibentuk menyerupai bentuk hewan lengkap dengan diberi sereal cokelat dan tambahan selai strawberry segar. Atau dipadukan dengan susu bubuk hingga cokelat yang manis. Salah satu topping yang paling popular untuk es serut ini adalah dengan siraman matcha, madu, susu kental manis dan shiratama dango. Sedangkan untuk yang versi klasiknya, topping yang digunakan adalah buah kiwi dan perasan jeruk. Namun jika ingin merasakan yang versi mewah ala bangsawan, Kakigori disajikan dengan topping umeshu plum wine dan champagne.

Jika dibayangkan, sudah pasti kesegaran camilan manis ini tidak perlu diragukan lagi. Sangat menyegarkan terutama jika cuaca sedang panas-panasnya. Namun jangan terlalu lama dibayangkan ya, Minasan kalau tidak mau terasa haus dan rasanya ingin segera makan Kakigori ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: