Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat di Jepang! (2)

Setelah artikel pertama, ada lagi 4 hal lain yang tidak boleh dilakukan di . Mengingat dan budaya negara tempat mina-san tinggal pasti berbeda, ketika mina-san berjalan-jalan di Jepang, jangan terapkan hal-hal berikut saat melancong maupun melakukan janjian di Jepang ya.

1.Memakai Sumpit Dengan Salah

Ketika sedang makan di restoran Jepang dengan memakai sumpit atau dijamu oleh orang Jepang, lebih baik latihan dulu cara memegang sumpit yang benar ya mina-san. Cara memakai sumpit yang salah bisa dianggap kurang sopan, lo. Perhatikan juga cara menggenggam dan mengambil makanannya. Etika ini hampir sama dengan etika menggunakan garpu dan sendok.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

2.  Tidak Membaca dan Mengikuti Aturan Tempat Duduk

Aturan tentang wanita hamil atau orang yang sudah sangat tua harus didahulukan tempat duduknya juga terdapat di Jepang. Jadi jangan sampai dilanggar ya, mina-san. Biasanya di semua tempat transportasi umum seperti kereta, ada petunjuk gambar yang menjelaskan aturan tersebut. Karena masyarakat Jepang sangat bertanggung jawab dan taat pada aturan ini, mina-san juga harus ikut menurutinya.

3. Menolak Menyimpan Kartu Nama Saat Berkenalan

Orang Jepang memang sering berkenalan dengan cara memberikan kartu nama. Bila bertemu teman atau seseorang yang ingin berbisnis, jangan sekali-kali menolak menyimpan kartu nama saat berkenalan ya mina-san. Menolak menyimpan kartu nama selain tidak sopan tentu akan membuat lawan bicara menjadi kecewa. Budaya menyerahkan kartu nama memang lazim terjadi menandakan lawan bicara ingin menjalin komunikasi erat dengan kita. Juga kalau kita punya kartu nama, bisa juga diserahkan pada orang tersebut.

4. Menolak Melakukan Ojigi (Tradisi Menunduk)

Mina-san pasti sering melihat ojigi atau tradisi menunduk sebagai salam khas orang Jepang. Namun salam ini sendiri bukan berarti hanya didiamkan lo. Mina-san juga bisa melakukan ojigi yang artinya sama-sama menghormati orang tersebut.  Ibarat orang melempar senyum, masa mina-san tidak mau balas tersenyum? Itu juga sama halnya dengan ojigi.

Nah, itu dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang. Bagaimana mina-san? Penting bukan untuk mengetahui hal-hal tersebut agar sebaiknya jangan dilakukan. Tetap prioritasnya etika dan kesopanan saat berada di Jepang ya!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: