Jalan-jalan Hemat Di Jepang Pakai Japan Rail Pass

Jalan-jalan ke tidak selamanya mahal. Asal tahu triknya, Mina-san bisa liburan ke dengan hemat. Salah satunya dengan memanfaatkan atau yang dikenal dengan , semacam tiket terusan yang digunakan untuk naik kereta di bawah Japan Railway Group.

JR Pass ditujukan untuk wisatawan asing yang ingin berkeliling Jepang. Pembelian JR Pass hanya dapat dilakukan di luar Jepang dan tidak dijual di Jepang. Karena hanya tersedia di luar Jepang, sebaiknya Minna-san melakukan pemesanan JR Pass sebelum berangkat ke Jepang. Di Indonesia, JR Pass tersedia di tempat-tempat berikut:
Japan Railpass Indonesia
Japan Airlines (khusus penumpang JAL Group)
All Nippon Airways (khusus penumpang ANA Group)
Kintetsu International 
– Nipon Travel Agency
– JALPAK
– Toptour Corporation
JTB Corps
– biro perjalanan HIS

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php
JR Pass Exchange Order
JR Pass Exchange Order

Untuk membeli JR Pass diperlukan paspor dan tiket pesawat ke Jepang sebagai syaratnya. Jadi, pastikan Minna-san membawa paspor dan tiket pesawat saat melakukan pemesanan JR Pass ya. Selanjutnya kantor tempat pembelian JR Pass akan mengeluarkan ‘Exchange Order for a Japan Rail Pass ‘yang harus Minna-san tukar lebih dulu di Japan Railway Office, yang ada di bandara atau stasiun. Setelah itu, barulah Minna-san akan mendapatkan tiket fisik JR Pass.

JR Pass digunakan secara tidak terbatas dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Tersedia tiga pilhan jangka waktu penggunaan, 7, 14, dan 21 hari. Waktu penggunaan mulai dihitung ketika Minna-san pertama kali menggunakan JR Pass. Untuk jenis kartunya sendiri Minna-san bisa memilih tipe ordinary (biasa) atau green (khusus).

Dengan memiliki JR Pass, Minna-san bisa mengakses semua jenis transportasi milik Japan Railways Group termasuk kereta super cepat Jepang, Shinkansen. Sayangnya kartu ini tidak belaku untuk Shinkansen Nozomi dan Mizuho di jalur Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. Minna-san juga dapat menggunakan JR Pass untuk JR Bus, dan kapal feri JR Miyajima yang melayani rute penyebrangan di Hiroshima.

Menggunakan JR Pass selama berlibur di Jepang tentunya akan jauh lebih hemat dibandingkan membeli tiket secara eceran. Apakah saat jalan-jalan ke Jepang harus memiliki JR Pass? Jawabannya tergantung kebutuhan dan itinerary masing-masing. Jika rencana perjalanan hanya berkeliling di satu prefektur, Minna-san tidak perlu membeli JR Pass. Tiket terusan JR Pass akan sangat membantu menghemat biaya perjalanan jika Minna-san melakukan perjalanan lintas prefektur seperti Tokyo-Hokkaido.

Leave a Reply

%d bloggers like this: