Izakaya: Sajian Kuliner di Gastropub Jepang

Jika minna-san suka berwisata kuliner dan sedang berkunjung ke , minna-san wajib mencoba makan-makan di Izakaya. Izakaya mirip seperti bar khas , namun, selain menjual minuman, minna-san juga bisa menikmati sajian kulinernya layaknya makan-makan di restoran. Di Barat, tempat seperti ini dinamai gastropub atau warung makanan. Minna-san tidak akan pernah menemukan tempat seperti ini sepi karena selalu diisi oleh tawa dan obrolan para pengunjung karena suasananya yang ceria dan santai. Bahkan pada hari kerja saja, izakaya selalu padat oleh pengunjung dari mahasiswa hingga karyawan kantor untuk melepas penat. Maka dari itu, minna-san bisa datang ramai-ramai makan minum bersama teman-teman di sini!

Minna-san dapat menemukan izakaya di mana saja di setiap pelosok Jepang yang terdiri dari izakaya kelas bawah dengan harga kaki lima hingga kelas atas dengan kualitas makanannya yang sama seperti restoran bintang lima. Di sini, minna-san bisa menikmati alkohol layaknya di bar sambil menyantap makanan lezat layaknya di restoran. Meski kemampuan berbahasa Jepang minna-san terbatas, asalkan tetap bersikap ramah, terbuka, dan sopan, minna-san tetap akan dilayani dengan ramah. Nah, saat minna-san ingin memesan makanan, kira-kira makanan seperti apa yang disajikan di izakaya?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Karena makan-makan di izakaya juga sama pentingnya dengan menikmati minuman alkoholnya, menu makanan izakaya biasanya sangat cocok menjadi teman minuman beralkohol, khususnya sake, bir, dan sochu. Setiap izakaya memiliki menu makanan yang berbeda-beda dan unik. Namun, minna-san selalu bisa menemukan sashimi, tempura, tofu, takoyaki, kentang goreng, gyoza, ramen, dan masih banyak lagi. Semua menu makanan dihidangkan dalam piring atau mangkuk berukuran kecil.

Walau kesopanan dan etika baik tetap harus dijunjung tinggi, minna-san tetap bisa bersikap sangat santai di sini! Minna-san tidak perlu repot-repot bersikap formal seperti saat berkunjung ke tempat lain. Namun, yang harus diperhatikan adalah saat sudah menempati kursi dan meja. Minna-san pertama-tama harus mencicipi bir sambil melihat-lihat buku menu. Setelah minuman dan makanan ada di meja, tunggulah teman-teman minna-san meneguk minuman mereka. Minna-san juga bisa melakukan kanpai bersama lalu mengucapkan “itadakimasu” sebelum menyantap makanan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: