Inemuri, Seni Tidur Masyarakat Jepang

Orang Jepang memang terkenal sebagai pekerja keras. Mungkin hampir sebagian hidupnya pun dihabiskan dengan bekerja. Karena itulah banyak juga yang mengatakan bahwa orang Jepang tidak pernah tidur. Namun tentu saja hal itu tidak benar. Orang Jepang yang suka mengurangi jam tidur malam dan membenci bangun kesiangan di pagi hari, menyeimbangi waktu tidur mereka dengan konsep yang mereka beri nama .

Inemuri merupakan kebiasaan orang Jepang yang unik yaitu tidur siang yang dilakukan dalam sela-sela waktu aktivitas untuk memaksimalkan waktu istirahat. Sebagian besar orang Jepang tidak memiliki banyak waktu untuk tidur atau istirahat karena sebagian besar waktu mereka tersita dengan pekerjaan menumpuk di kantor.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

inemuriUntuk melakukan Inemuri ini, biasanya orang Jepang melakukannya di tempat umum. Beruntung tingkat keamanan di Jepang tergolong tinggi, sehingga ketika mereka melakukan inemuri, barang-barang mereka akan aman. Waktu-waktu yang biasa digunakan adalah ketika sedang bekerja di kantor pada saat jam istirahat dan pada waktu pulang kerja di sore hari ketika sedang berada di dalam kereta. Tetapi tidak jarang ada yang melakukannya dengan cara yang ekstrem, misalnya tidur di dalam rapat atau di pinggir jalan.

Jadi jangan heran ketika Minasan sedang di Jepang, Minasan akan menemukan orang-orang yang tidur di sembarang tempat. Atau ketika di dalam kereta, Minasan akan melihat mereka yang tidur saling menumpuk atau bahkan tidur dalam posisi berdiri. Karena di Jepang, hal ini wajar dan sudah di toleransi oleh masyarakatnya ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: