Ikan Sanma, Hidangan Khas Musim Gugur Jepang

Ketika menyebut hidangan khas musim gugur , atau ikan sauri Pasifik mungkin adalah hal pertama yang terpikirkan. Sebagian besar yang ditangkap di perairan Jepang berasal dari bagian utara Samudera Pasifik. Jadi, tidak heran jika tiga prefektur teratas tempat sanma paling banyak ditangkap adalah Hokkaido, Miyagi, dan Iwate. Karena masa hidup sanma yang pendek dan sulitnya menangkap mereka dalam kondisi hidup, ada juga kebutuhan untuk membudidayakan ikan yang berbentuk panjang dan ramping  ini.

ikan sanmaTergantung lokasinya, waktu terbaik untuk makan sanma juga berbeda. Misalnya, jika mina-san di Hokkaido, musim ikan ini jatuh pada pada akhir Agustus dan Oktober. Sementara di Aomori, sekitar bulan Oktober dan November. Sedangkan untuk Iwata, Miyagi, dan Fukushima, waktu terbaik untuk makan ikan khas musim gugur Jepang ini adalah pada bulan November.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Selama musim gugur, cara paling popular untuk memasak ikan sanma disebut dengan cara dipanggang dengan garam (sanma shioyaki). Hidangan ini kemudian bisa dimakan dengan perasan buah sitrus seperti kabosu, sudachi, yuzu, lemon, atau jeruk nipis, kecap, dan lobak putih parut. Sanma juga tersedia sebagai makanan kaleng di mana ikan dimasak dengan metode kabayaki, yaitu dipanggang dalam kecap. Beberapa tahun terakhir ini, sanma juga menjadi semakin populer sebagai sashimi, terutama di awal musim gugur ketika lemak dalam ikan sanma lebih sedikit, dan terkadang juga digunakan dalam oshizushi (sushi tekan).

Jika mina-san kebetulan sedang berada di tempat-tempat ini ketika sedang musim sanma, cobalah beberapa menu spesial sanma berikut ini:

Nukasanma

Nukasanma tersedia di Kota Kushiro, Perfektur Hokkaido di mana sanma yang difermentasi menggunakan bekatul. Jika mina-san membaca manga Shougeki no Souma, menu ini juga disebutkan dalam cerita.

Kamisanma

Kamisanma bisa ditemukan di Kota Kumano, Prefektur Mie di mana sanma disajikan dengan cara tradisional menggunakan garam sebelum diasap. Kabarnya menu ini sangat cocok sebagai pendamping nasi hangat.

Sanma no Hirakiboshi adalah khas kota Akashi di Prefektur Hyogo di mana ikan diiris terbuka dan diambil tulang-tulangnya sebelum dikeringkan. Karena tidak ditambahkan bumbu pada sanma ini, cara ini dianggap sebagai cara yang sehat mengonsumsi ikan tersebut.

Sanma Ramen

Di Ofunato, Prefektur Iwate, sanma ramen lokal dapat ditemukan di berbagai restoran di dalam kota. Tergantung restorannya, jenis sanma yang disajikan bisa berbeda. Di beberapa tempat, versi shioyaki diletakkan di atasnya sementara di tempat lainnya, versi kanroi dsajikan yaitu sanma direbus dalam kecap dan gula. Dalam beberapa contoh yang jarang, ikan tersebut disajikan sebagai sanma no hone senbei yaitu ikan utuh digoreng agar menyerupai kraker beras.

Selain itu juga ada festival sanma yang digelar pada bulan September setiap tahun di Tokyo yang diberi nama Meguro no Sanma Matsuri. Pada edisi ke-21 yang bertempat di jalanan perbelanjaan depan stasiun Meguro pada 4 September 2016, sebanyak 7.000 sanma dari kota Miyako, Prefektur Iwate dipanggang di tempat dan dibagikan secara gratis pada para pengunjung yang datang ke festival. Rata-rata, 30.000 orang menghadiri festival tahunan ini yang juga menghadirkan kegiatan dan atraksi lain seperti undian dan seni balon untuk anak-anak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: