Icip Unik dan Enaknya Ramen Bakar di Kyoto

Kalau mengunjungi , sudah tentu belum sah jika tidak mengicip . Tapi pernah dengar tentang nggak, mina-san? Jepang punya nih, tepatnya ada Gogyo yang letaknya di . Kalau mina-san sudah merencanakan akan traveling ke Jepang, yang satu ini jangan lupa masukkan ke itinerary ya. Walau untuk mendapatkannya mina-san harus antri, tapi bakal sepadan kok rasanya sembari menuntaskan rasa penasaran.

Ramen bakar
Ramen Bakar

Nah, Gogyo Kyoto ini memang bangunannya tidak terlalu besar, tapi ada cerita unik lho di baliknya. Dulu tempat yang kini jadi toko ramen ini adalah rumah dari seorang geisha bernama Oyuki. Saat masih muda dan terkenal akan kecantikannya, ia bertemu dengan keponakan dari banker asal Amerika yang bernama George Morgan. George sangat ingin menikahi Oyuki tapi ia terus ditolak karena ternyata Oyuki sudah jatuh hati dengan seorang mahasiswa. Tak jelas bagaimana kisah Oyuki dan si mahasiswa ini, tapi akhirnya Oyuki menerima pinangan George dengan syarat ia harus memberi uang 400.000 Yen. Yang mana akhirnya uang ini diberikan ke mahasiswa itu. Oyuki pun meninggalkan Kyoto dan kembali ketika George meninggal. Di rumah yang kini jadi Gogyo inilah ia hidup bersama dengan saudara perempuannya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php
Gogyo Kyoto
Gogyo Kyoto

Jadi makin penasaran seperti apa ramen bakar itu? Langsung saja deh pesan Burnt Miso Ramen yang terkenal itu. Ramen ini disajikan dalam mangkok hitam besar dengan kuah sup berwarna hitam mirip seperti rawon. Tapi rasa supnya sangat lembut dipadukan bersama mi gepeng tipis yang enak sekali saat dikunyah. Tambahan daging, kubis, fish cake dan telur rebus menyatu dengan rasa yang sangat kaya tapi nggak bikin eneg. Kalau mina-san datang ke Gogyo saat makan siang, tambah enak nih kalau mina-san juga memesan makanan sampingan seperti dimsum.

Lalu bagaimana kalau pengen icip ramen bakar tapi nggak mampir Kyoto? Tenang saja, di Tokyo juga ada kok. Mina-san tinggal datang ke Gogyo yang ada di Ginza shop. Lokasi tepatnya ada di 2-4-6 Ginza, Chuo-ku, Tokyo di lantai 7 Ginza Velvia Kan. Cukup jalan kaki singkat dari Ginza Itchome di jalur Yurakucho-nya Tokyo Metro.

Japan, 〒604-8121 Kyōto-fu, Kyōto-shi, Nakagyō-ku, Jūmonjichō, 452番地
 

Leave a Reply

%d bloggers like this: