Hoppy, Minuman Rasa Bir yang Tidak Beralkohol

Kebanyakan jenis minuman yang mempunyai rasa seperti bir pasti memiliki kadar alkohol. Namun di , ada satu minuman unik yang memiliki rasa seperti bir, namun memiliki kadar alkohol yang rendah. Nama minuman tersebut adalah Hoppy.

Hoppy adalah sebuah produk minuman yang diproduksi oleh perusahaan minuman di Jepang bernama Kokuka. Produk minuman dengan rasa bir yang hampir tidak beralkohol (masih ada alkohol sekitar 0,8%) ini, sudah diproduksi sejak tahun 1948. Karena Hoppy memiliki kadar alkohol yang rendah, maka masyarakat Jepang biasa meminumnya dengan campuran minuman yang beralkohol, yaitu Shochu.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Perusahaan Kokuka sendiri memberikan tips bagaimana cara menikmati Hoppy. Pertama, Shochu yang akan dicampurkan haruslah jenis Korui Shochu, yaitu Shochu hitam yang dibakar. Shochu harus disaring sebanyak dua kali atau lebih dan memiliki kadar alkohol sebesar 25%. Sebelumnya, pastikan dulu hoppy dan shochu nya didinginkan di dalam kulkas juga gelas yang akan dipakai harus didinginkan di dalam freezer.

hoppyPerbandingan untuk mencampur minumannya adalah 1:5, yaitu 1 untuk shochu dan 5 untuk hoppy, sehingga pada akhirnya minuman tersebut tidak akan mengandung kadar alkohol yang terlalu tinggi (hanya sekitar 3%). Untuk menuangnya, disarankan shochu terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan hoppy. Itu membuat agar busa minuman dapat naik ke atas bahkan tanpa diaduk. Nah yang terakhir, jangan ditambahkan es. Ini dimaksudkan agar rasa pada minuman tidak akan berubah. Itulah mengapa disarankan sebelumnya shochu dan hoppy harus dalam keadaan dingin.

Minuman ini dapat ditemukan di kedai-kedai di sepanjang , yaitu jalan sepanjang kurang lebih 80 meter di sebelah kuil Sensoji yang berada di Asakusa. Untuk Minasan yang suka dengan bir atau ingin mencobanya, mungkin bisa sesekali mencoba minuman ini sebagai penjawab rasa penasaran ^^

Jepang, 〒111-0032 Tokyo, Taito, Asakusa, 2 Chome−12−4, 10 ホテル京阪浅草

Leave a Reply

%d bloggers like this: