Hikikomori, Fenomena Mengurung Diri

Pernahkah minna-san menonton film berjudul Castaway On The Moon? Film tersebut memaparkan tokoh perempuan yang memilih hanya mengurung dirinya di dalam kamar selama bertahun-tahun yang adalah definisi dari hikikomori. Hikikomori sendiri merupakan istilah yang berasal dari Jepang. Walau kini dianggap sebagai hal yang bisa terjadi di belahan dunia manapun, fenomena mengurung diri ini selain menimbulkan tanda tanya besar ternyata juga banyak diderita oleh , terutama usia remaja dan dewasa muda.

Tapi kenapa hikikomori ini bisa terjadi dan dianggap sesuatu yang wajar?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Banyak yang beranggapan bahwa fenomena Hikikomori lebih banyak terjadi di kota-kota besar seperti Tokyo. Tokyo yang ramai dan selalu penuh hiruk-pikuk dapat membuat beberapa orang menjadi lebih antisosial dan mungkin tertekan, hingga akhirnya memilih untuk mengisolasi dirinya di dalam kamar. Selain faktor lingkungan, faktor psikis juga bisa mempengaruhi seseorang untuk memilih menarik dirinya dari kehidupan sosial, dan hanya diam di dalam kamar. Bisa saja penyebabnya karena kegagalan prestasi, tidak beruntung dalam urusan karir atau asmara, sehingga orang-orang tersebut berpikir untuk hidup di dalam kamar saja.

Apalagi ketika jaman kini sudah semakin modern, sehingga urusan makan dan membeli barang-barang keperluan bisa dipesan tanpa harus keluar rumah. Inilah yang membuat fenomena hikikomori semakin tumbuh subur, minna-san. Setelah beberapa lama mengurung diri saja, tentu hal ini akan menjadi kebiasaan yang membuat nyaman, bukan?

Para ahli kesehatan sendiri menyimpulkan bahwa hikikomori bukan sekedar fenomena budaya atau tren belaka, melainkan sudah menjadi semacam penyakit sosial yang perlu penanganan. Bertahun-tahun mengurung diri dalam kamar tentu bisa berakibat buruk, kan, minna-san. Bukan hanya untuk psikis orang tersebut melainkan juga mempengaruhi kesehatan badan yang jarang aktif, karena hanya dipakai tidur dan atau duduk di depan komputer.

Nah minna-san, kita jadi harus bisa mengantisipasi agar tidak terkena dampak dari fenomena mengurung diri ini ya. Jangan terlalu lama mengurung diri di dalam kamar dan lebih baik keluar rumah untuk menjajal berbagai aktivitas. Kalaupun sedang merasa sedih atau tertekan, lebih baik cerita saja pada orang terdekat dan jangan hanya dipendam. Kita tentu bisa belajar banyak dari fenomena hikikomori ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: