Nikmatnya Hidangan Kepiting Hokkaido

Hokkaido, Jepang. Taukah minna-san? Hampir semua restoran di Hokkaido menyediakan menu kepiting. Bagaimana tidak, kepiting melimpah ruah di Hokkaido, terutama selama musim gugur hingga musim salju berakhir. Bahkan, ada juga brosur-brosur pariwisata yang menyebut Hokkaido sebagai ”Pulau Kepiting”. Lalu, apa sih yang membuat Kepiting Hokkaido menjadi spesial?

Ada empat jenis kepiting yang hidup di perairan Hokkaido, yakni taraba-gani (kepiting raja), ke-gani (kepiting berambut), hanasaki-gani (kepiting hanasaki), dan zuwai-gani (kepiting salju).

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kepiting-kepiting itu ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan kepiting yang ada di perairan Indonesia. Taraba-gani (kepiting raja), misalnya, cangkangnya bisa sebesar piring makan dengan kaki-kaki yang mencapai panjang 1 meter. Kepiting jenis lainnya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan taraba-gani (kepiting raja).

kepiting hokkaidoPada musim dingin di Hokkaido, kepiting yang paling banyak ditemukan adalah taraba-gani (kepiting raja) yang hidup di perairan bersuhu di bawah 10 derajat celsius. Itu sebabnya, kepiting jenis ini sering disantap di Hokkaido sebagai makanan saat musim dingin. Rasanya? Tidak perlu ditanya lagi, minna-san!

Kalau datang ke Hokkaido ketika musim dingin, minna-san wajib mencoba hidangan kepiting ini, ya. ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: