Apa Sih Sebetulnya Golden Week di Jepang Itu?

Bila mina-san adalah pecinta , mina-san pastinya pernah donk, mendengar tentang Golden Week? Tapi sebetulnya apa sih Golden Week di ?

Singkatnya, pekerja Jepang mendapat libur selama satu pekan, sekitar akhir April sampai awal bulan Mei. Hal ini dikarenakan adanya gabungan beberapa hari libur nasional di tanggal tersebut. Pekan liburan dimulai tanggal 29 April, hari libur nasional yang dulu dirayakan sebagai hari kelahiran kaisar Showa yang telah wafat pada tahun 1989. Saat ini, tanggal 29 April diperingati sebagai “Greenery Day” atau Hari Hijau, hari penghargaan untuk alam.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Peringatan Konstitusi Nasional. Konstitusi Jepang mulai diberlakukan pada tanggal tesebut sejak tahun 1947. Sedangkan, tanggal 5 Mei adalah Hari Anak, diadakan untuk mendoakan kesehatan tumbuh kembang dan kebahagiaan anak-0058-golden-week-japan-02anak. Kemudian, karena tanggal 4 Mei jatuh di antara dua hari libur, maka hari itu juga dicanangkan untuk menjadi hari libur nasional. Selain itu, beberapa perusahaan juga memberikan hari libur untuk karyawan mereka pada tanggal 1 Mei untuk memperingati Hari Buruh.

Istilah Golden Week di Jepang digunakan pertama kali oleh perusahaan film untuk mengajak orang-orang untuk memanfaatkan pekan liburan yang berhaga tersebut untuk pergi menonton film. Secara perlahan, istilah itu mulai digunakan untuk menyebut hari libur beruntun tersebut.

Selama Golden Week di Jepang, banyak pabrik tutup selama seminggu atau bahkan 10 hari, karena membuka-tutup pabrik ketika beberapa liburan digabung ditambah dengan akhir pekan dirasa tidak efisien. Meskipun kantor-kantor biasanya buka pada hari-hari non liburan, karyawan biasanya memanfaatkan pekan liburan itu untuk menggunakan liburan gratis yang diberikan perusahaan mereka untuk memperpanjang liburan untuk bersantai sejenak dari rutinitas kerja.

“Golden Week” berlangsung pada waktu yang paling menyenangkan di Jepang, suhu sedang tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. Oleh karena itu, orang-orang banyak memilih pergi berlibur ke area resort. Beberapa tahun belakangan ini, terjadi pula peningkatan jumlah wisatawan yang memilih berlibur ke luar negeri bersama keluarga. Hm, seperti libur lebaran di Indonesia ya, mina-san!

Leave a Reply

%d bloggers like this: