Fujiyama, Gunung Suci Bagi Masyarakat Jepang

Selain bunga sakura, Jepang juga identik dengan . Gunung ini terletak di Pulau Honsu, di sebelah barat Tokyo, tepatnya di prefektur Shizuoka dan Yamanashi.

Masyarakat Jepang menyebut gunung ini dengan sebutan (yama = gunung) atau (san sebagai lafal gunung). Bagi masyarakat Jepang, Gunung ini merupakan gunung keabadian dan dianggap sakral terutama oleh penganut agama Shinto. Karena itulah Gunung yang memiliki ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu dari tiga gunung suci di Jepang , disamping Gunung Tate dan Gunung Haku.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kesakralan Gunung ini berasal dari kepercayaan masyarakat Jepang bahwa di Gunung suci ini bersemayam beberapa dewa. Ketika musim semi, para dewa penghuni Gunung Fuji akan turun untuk memberi kehidupan di tanah-tanah pertanian. Untuk menghormati dewa-dewa yang bersemayam, di Gunung ini banyak ditemukan kuil-kuil yang digunakan sebagai tempat sembahyang oleh pemeluk Sinto. Orang Jepang sangat menghargai keberadaan para dewa sehingga sangat menghargai dan menjaga Gunung simbol Jepang ini.

Karena kesuciannya inilah, pada zaman dulu tidak sembarang orang diperkenankan mendaki Gunung yang tertinggi di Jepang ini. Hanya orang-orang yang dianggap suci, seperti pendeta agama Shinto, yang boleh naik ke Gunung Fuji. Pernah juga ada larangan bagi wanita untuk memasuki Gunung yang paling terkenal di Jepang ini, karena masyarakat Jepang percaya dewi Gunung Fuji akan cemburu.

Dewasa ini, semua orang bisa mendaki Gunung Fuji. Masyarakat Jepang atau wisatawan biasanya mendakinya saat musim panas. Sebagian besar percaya masyarakat Jepang percaya, ketika mereka berhasil mendaki hingga puncak tertinggi Gunung Fuji maka akan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari tersebut dipercaya membawa keberuntungan untuk mereka.

 

Mount Fuji

Leave a Reply

%d bloggers like this: