7 Film Jepang Tentang Masa SMU Wajib Tonton Sebelum Lulus! (2)

Menyambung tulisan pertama, ini dia tiga tentang masa SMU yang dari segi cerita bukan hanya seru dan menghibur tapi membuat masa remaja kamu menjadi lebih bermakna.

Apakah ada yang sudah pernah kamu tonton?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Waterboys

 

Lelaki-lelaki kurus yang berkompetisi dalam dunia renang. Mungkin film ini terasa sedikit unik menurutmu karena biasanya lelaki dan dunia olahraga selalu digambarkan dalam bidang basket, baseball atau sepakbola. “Tapi memang kenapa dengan dunia renang?” mungkin ini yang ingin dikemukakan oleh pembuatnya. 

Karakter utamanya adalah Suzuki yang menjadi satu-satunya anggota klub renang di sekolah sampai kemudian seorang guru perempuan cantik datang dan banyak anak yang akhirnya mendaftar! Eits, tapi masalahnya, guru ini sedang mempersiapkan para lelaki untuk menjadi tim… renang indah. Yang berarti mereka bukan hanya harus belajar renang tapi juga siap menerima cemohan banyak orang yang merasa renang indah bukanlah olahraga yang manly. 

Meski banyak humor, Waterboys tetap mengedepankan pada kekompakan karakter lelakinya. Film ini cocok banget ditonton bagi yang mencari perpaduan komedi remaja yang nyeleneh dan konyol ala Jepang.

 

Hana and Alice

sumber : asianwiki.com

Satu lagi karya Shunji Iwai selain Love Letter adalah Hana and Alice yang dirilis pada tahun 2004. Menceritakan tentang persahabatan dua gadis SMU yaitu Hana dan Alice yang mendadak berubah gara-gara perkara jatuh cinta pada lelaki yang sama. 

Meski plot cerita cinta segitiga bisa dibilang sudah terlalu umum dipakai oleh banyak film remaja lain tapi Hana and Alice terasa lebih mengesankan berkat motivasi mendalam karakter kedua tokoh utama. Sebenarnya fokus film ini lebih pada persahabatan dan bagaimana keduanya mencari makna kasih sayang. 

 

Night Time Picnic

sumber : http://blog.livedoor.jp

Terakhir adalah Night Time Picnic yang menceritakan tentang perjalanan serombongan anak sekolah yang mengikuti rute jalan bersama di tahun terakhir mereka di SMU. Rute jalan itu mengungkap banyak cerita bukan hanya tentang hubungan Takuko dan Nishiwaki yang saling love-hate dan ternyata memendam satu rahasia, tapi juga menyimpan keseruan dari karakter-karakter lain yang beragam. Meski ceritanya sangat ringan, Night Time Picnic adalah rekomendasi film yang sayang untuk dilewatkan.

Selain 7 film di atas, tentu ada banyak judul-judul lainnya yang mengangkat cerita cinta di masa SMU. Apakah kamu tahu rekomendasi lainnya selain 7 film di atas? Semoga tulisan ini cukup informatif untuk daftar film yang akan kamu tonton sebelum lulus ya!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: