Festival Salju Sapporo

Sapporo, id000217000a1Ada beberapa festival salju yang dapat ditemukan di seluruh penjuru Hokkaido, namun festival salju yang terbesar adalah yang diadakan di Sapporo. Mina-san sudah pernah dengar tentang  belum?

Setiap awal bulan Februari, festival musim dingin atau lebih dikenal sebagai Festival Salju selalu diadakan di kota Sapporo, Hokkaido, . Festival ini dinamakan Sapporo Yuki Matsuri, dalam bahasa Indonesia secara harafiah diartikan sebagai Festival Salju Sapporo.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Selama festival ini terdapat banyak patung salju dan patung es ditampilkan, yang menunjukkan atau merepresentasikan berbagai rupa tempat menarik di kota Sapporo.

Saking besarnya Festival Salju Sapporo, festival ini diadakan di tiga lokasi secara bersamaan. Yakni Taman Odoid0002170001ri, di mana dipamerkan ukiran es dan salju yang berukuran sangat besar, termasuk pahatan es berbentuk miniature bangunan terkenal. Selain itu ada pula Susukino, di mana ukiran es yang lebih kecil dipamerkan, dan ada juga di Sapporo Satoland untuk acara keluarga.

Sepanjang Festival Salju Sapporo ini diadakan, lebih dari 200 patung salju dan es akan ditampilkan. Sebagai bagian dari acara dan untuk memeriahkan festival, biasanya diadakan juga Kontes Patung Salju Internasional. Kontes Patung Salju Internasional ini diikuti oleh belasan tim dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kebanyakan peserta akan membuat patung salju yang unik sesuai dengan ciri khas dari negara mereka. Contohnya, salah satu karya Indonesia dalam kontes ini tahun-tahun sebelumnya adalah patung es yang menggambarkan penari Bali gerakan Tari Oleg Tamulilingan. Sungguh unik, kan?

Jadi selain untuk melihat berbagai patung salju dan es, pengunjung yang datang ke Festival Salju Sapporo bisa juga mengikuti berbagai kompetisi, melihat pertunjukan tari, dan pemutaran film. Sungguh meriah sekali! ^^

(Sumber gambar header: avonturguide.blogspot.jp)

Leave a Reply

%d bloggers like this: