Festival Musim Semi, Sanja Matsuri

Mau tau  apa yang paling ditunggu-tunggu di Jepang? Yap, Sanja Matsuri namanya, festival ini selalu dihadiri paling sedikit 1.5 juta orang lho. Kenapa bisa banyak? Karena selain festival ini hanya ada sekali pada tahun genap saja, mengikuti serangkaian acara ini juga dipercaya akan mendatangkan rezeki yang banyak. Nah tahun 2018 ini, festival ini akan diselenggarakan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu pada minggu ketiga bulan Mei.

Sanja Matsuri, menampilkan kurang lebih 100 kuil portable yang didalamnya ada simbolis dewa-dewa yang kemudian diarak di jalan-jalan untuk menyebarkan dan membawa nasib baik untuk perekonomian penduduk setempat. Perayaan dimulai pada Jumat sore dengan Daigyoretsu Parade, setelah Parade ini berakhir, acara dilanjutkan dengan Upacara Shinto dan kemudian diikuti oleh tari-tarian tradisional sebagai bentuk doa agar senantiasa diberi kemakmuran dan hasil panen yang berlimpah. Hari terakhir festival ini adalah penutupan acara yang sangat meriah, dimulai pada pukul 6 petang, dipenuhi dengan cahaya lampu-lampu festival, para wisatawan sudah berkumpul di Asakusa Shrine yang dijadikan sebagai pusat acara.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Tak usah membawa bekal makanan mina san, karena di festival ini banyak bertebaran jajanan dan cemilan enak khas Jepang yang bisa mina san beli. Cukup membawa kamera dan uang cash saja ya. Perayaan festival ini ada di Kuil Sensoji daerah Asakusa, Tokyo. Dari Stasiun Tokyo, mina-san bisa menggunanakan JR Yamanote ke Stasiun Kanda, sekitar 2 menit dengan harga 140 yen, lalu berpindah ke jalur kereta bawah tanah Ginza untuk Asakusa sekitar 10 menit dengan harga 170 yen.

 2 Chome-3-1 Asakusa, Taitō-ku, Tōkyō-to 111-0032, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: