5 Festival Hanabi yang Memikat Mata 2

Jepang  tidak hanya keren ketika musim salju atau semi aja kok mina-san. Ternyata musim panas di Jepang juga kece banget buat dipilih untuk liburan musim panas mina-san kok. Selain ada banyak kegiatan outdoor yang bisa mina lakukan, juga ada  yang bisa mina-san saksikan sambil menggunakan yukata. Setelah 2 festival yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, masih ada 3 pilihan yang bisa mina-san pilih-pilih lhooo.
 
Akita, Kontes Hiru Hanabi Nasional
 
 
Siapa bilang kembang api hanya bisa disaksikan pada malam hari? Perfekture Akita justru punya perayaan  yang antimainstream. Selain itu, festival ini juga termasuk ke dalam salah satu perayaan hanabi terbesar di Jepang. Festival ini diselenggarakan di tepi sungai Omono-gawa, Kota Daisen. Festiv Hiru Hanabi ini memiliki aneka warna yang akan terus meledak di atas langit siang hari Perfekture Akita. Hanabi di akita diselenggarakan pada akhir bulan Agustus.
 
 
Aichi, Festival Hanabi Hono no Saiten
 
Kalau festival yang satu ini justru terkenal dengan kemeriahan tabuhan genderang drum khas Jepang, Taiko yang mengiringi nyala kembang api. Hono no Saiten berlangsung dengan cara bubuk mesiu Hanabi ditaruh di dalam bambu, lalu ketika hendak dinyalakan bambu dipegang menghadap atas, kemudian percikan kembang api akan menghujani badan si pemegang bambu. Pastikan mina-san mengenakan lengan panjang yaaa. Festial ini rutin diselenggarakan pada awal September.
 
 
Ibaraki, Festival Hanabi Tsunabi
 
Festival kembang api yang ada di Ibaraki ini berbeda dengan biasanya. Jika biasanya Hanabi hanya berupa pertunjukkan gemerlapan cahaya kembang api dan alunan musik meriah, di festival Tsunabi juga menyelenggarakan pertunjukkan wayang tradisional Jepang. Pertunjukkan ini juga diiringi dengan musik tradisional dari hayashi yang juga terdiri dari 2 jenis tsunabi, yaitu tsunabi model Kohari Matsushita dan tsunabi model Takaoka. Boneka tali ini akan dikendalikan oleh dalang yang memang sudah sangat ahli menggerak-gerakkan boneka agar masuk ke dalam alur cerita dan alunan musik. Hanabi di Tsunabi biasa diselenggarakan pada bulan Agustus.

Leave a Reply

%d bloggers like this: