Eki Sutanpu, Hobby Unik dari Jepang

Ada satu unik yang digemari oleh masyarakat Jepang, yaitu mengkoleksi stempel stasiun-stasiun yang ada di Jepang. Apa sih serunya mengkoleksi stempel? Sebenarnya ini muncul karena kebiasaan masyarakat Jepang adalah selalu menggunakan stempel sebagai pengganti tanda tangan yang selalu digunakan sebagai pelengkap dokumen legalisasi yang sah.

Semakin berkembangnya zaman, kini tak hanya tanda tangan yang menggunakan stempel, kebiasaan ini kini merambah ke tempat-tempat umum. Tempat-tempat wisata ini memiliki beragam design stempel yang sangat unik, salah satu tempat umum berburu stempel yang paling digemari adalah stasiun, dan hobby ini dikenal dengan nama Eki Sutanpu. Awalnya hobby ini bermula dari stasiun Fukui yang memberlakukan stempel sebagai tanda untuk penumpang kereta. Namun, ternyata kebijakan ini justru menjadi booming dan diikuti serempak oleh beberapa stasiun dan tempat wisata.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Orang-orang yang memiliki hobby ini disebut dengan Oshitetsu. Akan muncul kebanggaan tersendiri apabila mina-san bisa mendapatkan berbagai macam stempel dari berbagai macam tempat lho. Ini adalah hal yang menyenangkan bagi mereka si pencinta stempel unik. Biasanya, dari sekian banyak stempel, stempel berkarakter anime dan tokusatsu adalah yang paling diminati. Oh ya, jangan lupa untuk selalu membawa notebook untuk media stempel ini ya, lalu mintalah ditempat umum ataupun wisata yang mina-san singgahi. Yuk, berkeliling ke Jepang dan penuhi notebookmu!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: