Dorayaki, Makanan Kesukaan Si Kucing Biru Doraemon

Mendengar kata , pasti teringat dengan kucing biru kesukaan anak-anak yang menjadi sahabat Nobita yaitu . Yap, Dorayaki memang adalah kue kesukaan kucing robot dari abad 22 tersebut. Namun apa sih sebenarnya Dorayaki itu?

Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き, ドラ焼き) adalah kue tradisional Jepang yang berbentuk bundar sedikit tebal, dibuat dari dua lembar pancake yang disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan castella karena adonannya diberi madu.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

dorayakiMenurut sejarah yang ada, Dorayaki pertama kali dibuat oleh seorang samurai bernama Saito Musashibo Benkei. Benkei yang saat itu terluka parah kemudian ditolong oleh sepasang kakek-nenek di rumah mereka. Ketika ia mulai sembuh, sang samurai memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu diatas gong untuk diberikan kepada orang yang menolongnya itu sebagai rasa terima kasih. Dora yang berarti gong dan Yaki yang berarti dimasak dengan panas kering. Itulah mengapa kue ini dinamakan dorayaki. Kemudian pada tahun 1914, sebuah perusahaan kue Usagiya memperkenalkan dorayaki yang dibuat berbentuk seperti saat ini yang Minasan ketahui. Kue ini pun juga dikenal dengan nama Mikasa (三笠).

Apa Minasan sudah pernah mencoba Dorayaki yang asli? Atau sudah pernah makan Dorayaki yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia? Atau bahkan sudah pernah membuatnya sendiri? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: