Dekotora, Seni Truk Jepang Yang Unik

dan keunikannya memang sulit untuk dipisahkan. Setiap hal  seputar memang identik dengan yang unik-unik dan luar biasa baik dari segi budaya atau fenomena yang sedang terjadi. Salah satu hal yang menarik tentang adalah seni modifikasi truk yang disebut Dekotora. Apa itu sebenarnya Dekotora?

JepangDekotora adalah seni memodifikasi truk dengan mengganti berbagai perkakas dan hiasan di luar truk. Meski seni ini bisa beragam namun biasanya yang paling menonjol adalah mobil truk dengan modifikasi menonjol pada lampu, warna, material sampai bagian atap yang menjadi lebih mewah. Dari yang memanfaatkan gaya penuh berkilauan sampai ada juga yang bergaya gothic atau benar-benar sangat ekstrim, aneh dan berbeda.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Namun darimana munculnya seni modifikasi seperti ini dan siapa yang membuatnya? Konon Dekotora muncul pada era 70an dan kemudian ikut dipengaruhi populernya seri Gundam sampai tahun 90an. Pembuatnya tentu adalah sang pemilik truk itu sendiri namun bila ada festival yang memang mengikutkan seni modifikasi truk ini, biasanya banyak kreator yang memanfaatkan art truck ini sebagai tempatnya berkreasi. Sopir yang memodifikasi truk bisa bertujuan untuk mengisi waktu luang atau memang ingin memperlihatkan karyanya di jalanan luas. Menarik sekali ya, mina-san!

 

Namun truk-truk dengan modifikasi ala Dekotora kabarnya jarang sekali terlihat di koJepangta-kota besar seperti Tokyo. Kebanyakan ada di kota-kota kecil atau secara spontan terlihat di jalanan mengingat sang pengendara truk memang biasanya berpindah-pindah wilayah memakai truknya untuk urusan pekerjaan. Lalu apakah truk dengan seni truk ini tidak berbahaya untuk dipergunakan? Ternyata sama sekali tidak karena buktinya truk jenis ini aman-aman saja loh untuk digunakan.

 

Jadi ternyata tak hanya di Indonesia saja mina-san ada seni modifikasi truk yang unik, melainkan di Jepang juga. Bedanya di Indonesia kita biasa menjumpai truk-truk dengan bagian belakang gambar atau kata-kata catchy yang sering membuat tertawa, di Jepang ada seni modifikasi yang sangat niat seperti ini. Mungkin kalau sedang berada di Jepang, jangan lewatkan kesempatan melihat seni truk Dekotora ini ya mina-san!

Leave a Reply

%d bloggers like this: