Daifuku, si Mochi isi Kacang Merah

adalah makanan yang memang terkenal dari dengan tekstur lembut namun kenyal dan lengket. Bermacam-macam jenis yang dibuat oleh masyarakat negeri Sakura ini. Salah satunya bernama Daifuku, si isi kacang merah.

Daifuku (大福) adalah jenis wagashi, yaitu mochi yang berisi pasta kacang merah. Daifuku termasuk makanan tradisional khas Jepang, dan disebut juga (大福餅). Biasanya mochi kacang merah ini diisi dengan anko atau pasta yang dibuat dari kacang azuki. Dan sebagai pelengkap rasanya terkadang ditambahkan buah strawberry atau buah-buahan lainnya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Daifuku pada mulanya disebut Habutai Mochi (腹太餅) yang berarti perut tebal karena berisi. Namun kemudian sebutan tersebut diubah menjadi Daifuku Mochi (大 腹 餅) yang berarti perut besar. Karena pengucapan fuku (腹) yang artinya perut dengan fuku (福) yang artinya keberuntungan dalam Bahasa Jepang adalah sama. Kemudian penulisan Daifuku Mochi pun diubah menjadi yang sekarang berarti keberuntungan besar.

ichigo daifukuAda banyak ragam jenis Daifuku yang bisa ditemui di Jepang. Ada Yomogi daifuku, yaitu daifuku yang terbuat dari kusa mochi dengan isi mugwort. Ichigo daifuku, yaitu daifuku yang berisi strawberry dan juga anko yang lebih banyak. Yukimi Daifuku, yaitu daifuku bermerek yang berisi ice cream dari perusahaan lotte. Mame daifuku yang berisi kacang azuki atau kacang kedelai dan dimasukkan atau dicampurkan dengan anko. Shio daifuku, yaitu daifuku yang berisi anko yang tidak manis atau rasa asin ringan. Ume daifuku, yaitu daifuku yang berisi aprikot khas Jepang. Coffee daifuku, yaitu daifuku yang berisi kopi. Mont blanc daifuku, yaitu daifuku yang berisi pasta kental chestnuts (mont blanc krim). Dan Purin daifuku, daifuku yang berisi krim karamel.

Pada akhir abad ke-18, Daifuku mulai dikenal dan masyarakat mulai memakannya dengan cara dipanggang. Mochi isi kacang merah ini sebenarnya biasa dimakan langsung, tetapi ada juga orang yang membakar daifuku sebelum dimakan. Daifuku juga sering digunakan sebagai hadiah dalam acara-acara resmi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: