Cara Membuat Kyaraben Untuk Pemula

atau juga disebut dengan charaben sebenarnya adalah singkatan dari character bento (dalam bahasa Indonesia, sering dikenal dengan bento karakter). Ini merupakan seni menghias kotak bekal makan siang, atau orang Jepang biasa menyebutnya dengan nama bento, yang dilakukan oleh orang tua agar anak-anaknya makin lahap makan. Di Indonesia sendiri, nggak hanya dibuat oleh para orang tua untuk anak mereka saja lho, mina-san. Tapi ada juga yang sengaja menjual bento karakter sebagai kelengkapan pesta ulang tahun atau bahkan hadiah. Jadi tertarik untuk belajar cara ? Nih tipsnya untuk mina-san yang masih pemula.

Cara Membuat Kyaraben

Ketika akan membuat kyaraben, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti alat-alat dasar apa saja yang harus dimiliki. Misalnya seperti cetakan onigiri, alat pembentuk telur, pemotong nori hingga pinset dengan ujung bengkok. Alat-alat ini akan sangat membantu mina-san untuk membuat bento dengan gambar dan bentuk yang lucu-lucu. Tak lupa, mina-san harus menyiapkan bahan-bahannya yaitu nasi, lembaran nori dan pelengkapnya mulai dari sosis, saus, sayur, nugget dan lain-lain. Lalu bagaimana ?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Langkah-langkah untuk membuat kyaraben untuk pemula juga terhitung mudah loh. Pertama, mina-san harus masukkan nasi ke dalam cetakan onigiri lalu padatkan. Pastikan saat melakukan ini, tangan mina-san dalam keadaan basah ya agar nasi tidak lengket dan mudah menyatu. Sebagai variasi, mina-san juga bisa memberi isian di dalam onigiri yang akan dicetak. Mina-san bahkan bisa lho memberi warna pada onigiri. Pakai pewarna alami seperti pandan atau gunakan pewarna yang aman untuk makanan ya.

Setelah onigiri selesai dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan, potong nori dengan nori puncher atau pemotong nori dan pasangkan ke nasi yang telah dicetak. Lekatkan dengan air atau minyak wijen. Untuk nori dengan potongan kecil-kecil misalnya bentuk mata, alis atau detail lainnya, mina-san bisa menggunakan pinset dengan ujung bengkok.

Selanjutnya mina-san bisa tambahkan aksesoris dari potongan keju lembaran yang dicetak menggunakan pemotong roti (bread cutter), sayur-sayuran, sosis yang digoreng dengan bentuk gurita, nugget atau juga telur dadar tipis yang bisa diwarna dengan pewarna makanan. Baru kemudian tata pada kotak makanan milik mina-san. Bento karakter sudah siap deh.

Nah, mudah sekali kan ternyata cara membuat kyaraben alias bento karakter? Mina-san bakal makin semangat nih kalau mempersiapkan bekal makan siang. Selamat mencoba ya!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: