3 Cara Mahasiswa Ngirit saat Musim Dingin di Jepang

Salah satu permasalahan yang muncul ketika ialah tagihan bulanan yang membengkak. Kalau sebelumnya aku sudah tuliskan kalau di kalian harus membeli fashion musim dingin yang cukup menguras dompet, maka kali ini aku kasih beberapa cara mahasiswa ngirit saat musim dingin di Jepang. 

Jika kalian mengira musim dingin itu indah, terlihat pemandangan dengan salju yang putih bersih seperti pada dongeng-dongeng disney, maka kalian salah besar. Saat musim dingin, kalian harus menyalakan penghangat dan ini akan menyebabkan tagihan listrik ataupun gasmu bertambah, kalian harus mandi dengan air hangat dan itu membuat tagihan gas bakalan naik dan juga harus membeli pelembab agar kulit wajah kalian nggak kering.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Melihat permasalahan ekonomi yang pelik seperti ini, maka mahasiswa di Jepang menemukan jalan keluar yang cukup efektif. Dengan kreatifitas dan kemampuan melihat peluang kalian akan bisa tanpa kesulitan ekonomi. 

 

Cara Mahasiswa Ngirit saat Musim Dingin

Jika pada tulisan sebelumnya Gate membahas tentang persiapan fisik dan mental menghadapi musim dingin, maka kali ini kita akan bicara tentang trik melewati musim dingin. Berbagai cara mahasiswa ngirit saat musim dingin ini aku lihat langsung dan praktekkan juga untuk bisa bertahan di negeri sakura ini. Berikut ini list-nya:

 

Berburu Diskon

Pemburu yang baik ialah pengamat yang baik. Sebagai mahasiswa yang hidup di Jepang, sebulan sebelum musim dingin (bulan November) aku harus sudah melihat-lihat label diskon baju musim dingin. 

Seperti yang sebelumnya aku bilang, baju musim dingin adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Apapun caranya kalian harus punya fashion musim dingin. 

Kalian perlu untuk jeli dalam melihat diskon ini, sebab di akhir tahun atau sekitar akhir Desember akan ada big sale akhir tahun. Diskon besar-besaran untuk belanja dimanapun. Diskon yang ditawarkan bisa mencapai 70%.

Nah.. Tantangannya ialah kamu harus bertahan di bulan November yang sudah cukup dingin, untuk kemudian berbelanja tepat di akhir Desember dengan diskon super besar. 

 

Nggak Usah Mandi

Yap.. Nampaknya passion untuk tidak mandi dapat dilakukan saat . Jika di Indonesia kita harus mandi dua kali sehari agar tidak dimarah ibu dan dihina teman, maka tidak lagi di Jepang. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau mandi di musim dingin pasti dengan air hangat, dan itu memerlukan gas sehingga tagihannya naik. Cara mahasiswa ngirit saat musim dingin di Jepang sepertinya muncul dengan pemikiran yang sederhana; “kalau begitu nggak usah mandi!”

Kalau biasanya kalian mandi dua kali sehari untuk terlihat sempurna di mata cewek-cewek Jepang, maka kalian bisa tinggalkan kebiasaan boros itu. Mandilah dua hari sekali, ini cukup. Mengingat di musim dingin bakteri tidak terlalu aktif dan badan tidak terlalu berkeringat, maka bau badanmu tidak akan tercium walaupun tidak mandi. 

So ganti aja jadwal mandimu menjadi dua hari sekali. Deal?

 

Bertahan di Kampus

Kalau kalian mau mencontoh mahasiswa paling teladan di dunia, maka contohlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang pada saat musim dingin. Tak akan ada contoh lain yang lebih pantas!

Mahasiswa-mahasiswa ini menjadi begitu rajin bertahan di laboraturium hingga larut malam, hanya untuk menikmati kopi, internet dan AC penghangat gratis yang disediakan di laboraturium.

Cara ini menjadi praktik yang umum dan menjadi win-win solution bagi mahasiswa. Dengan bertahan di laboraturium lebih lama, bahkan banyak yang tetap hadir pada hari sabtu dan minggu, maka kalian bisa mengirit biaya penghangat listrik sekaligus bisa terlihat rajin di mata sensei (Professor). 

Yap itulah tiga cara mahasiswa ngirit saat musim dingin di Jepang. Kesemuanya merupakan kombinasi jitu melewati musim dingin tanpa merogoh kantong lebih dalam. 

Selamat mencoba!

 Tokyo, Tokyo, Japan
Majime Kun

Majime Kun

Self Proclaimed Scientist

Leave a Reply

%d bloggers like this: