Berburu Ikan Segar di Pasar Tsukuji Tokyo

Minna-san suka makanan laut? Artinya minna-san wajib mengunjungi di Tokyo ini. Meski minna-san tidak suka ikan, Pasar Tsukiji atau tetap wajib dikunjungi karena selain menjadi salah satu objek wisata menarik di Tokyo, pasar ikan ini juga yang terbesar di dunia, lho!

Kalau minna-san berkunjung pagi-pagi sekali, minna-san bisa menyaksikan lelang ikan tuna yang diadakan pada pukul 3 dini hari! Jika minna-san tidak sempat berkunjung terlalu pagi, minna-san masih tetap bisa jalan-jalan dan menikmati sushi segar untuk sarapan.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Transportasi menuju pasar ini cukup mudah. Pasar ini terletak di pusat distrik Tsukiji Tokyo, dan tidak jauh dari daerah Ginza. Minna-san bisa berjalan kaki, atau menaiki kereta bawah tanah, atau taksi. Jika ingin menaiki kereta bawah tanah, turunlah di Stasiun Tsukiji Shijo di jalur kereta Toei Oedo. Stasiun alternatifnya adalah Stasiun Tsukiji jika minna-san menggunakan jalur kereta Tokyo Metro Hibiya. Oh ya, jika minna-san ingin menyaksikan lelang ikan tuna, minna-san harus menaiki taksi atau berjalan kaki karena biasanya kereta bawah tanah belum beroperasi pada dini hari.

Jika minna-san tidak mendaftar untuk menyaksikan acara lelang tuna, minna-san tidak diperbolehkan memasuki daerah pasar sebelum jam 10 pagi. Tidak usah khawatir jika minna-san datang lebih awal. Minna-san bisa mengeksplor daerah sekitar pasar yang padat akan toko-toko dan restoran menarik. Sebaiknya, hindari menggunakan tas besar seperti ransel karena suasana pasar yang sangat padat dan sibuk. Minna-san hanya perlu membawa dompet atau tas kecil berisi uang tunai. Minna-san juga harus bisa bergerak cepat dan gesit karena Pasar Tsukiji memiliki gang-gang sempit yang sangat ramai dan sesak. Minna-san akan dianggap mengganggu apabila menghalangi jalan untuk pengunjung lainnya.

Sebelum minna-san berkunjung ke Pasar Tsukiji, cek dulu kalender jadwal Pasar Tsukiji. Pastikan tanggal minna-san berkunjung bukanlah tanggal pasar tutup. Selain hari Minggu dan hari libur, Pasar Tsukiji juga tutup pada hari Rabu (meski tidak secara rutin). Serta untuk acara lelang tuna, terkadang tidak selalu terbuka untuk pengunjung. Untuk memastikan, minna-san bisa mengecek pengumuman yang diterbitkan oleh pemerintah lokal.

Leave a Reply

%d bloggers like this: