Yuk Berburu Beasiswa ke APU, Jepang! (2)

Mendapat beasiswa ke luar negeri memang mimpi sebagian besar pelajar di seluruh Indonesia, tak terkecuali ke Jepang. Universitas mana yang menjadi incaran mina-san? Apakah Ritsumeikan APU termasuk ke list mina-san? Kalau iya, mina-san harus membaca artikel ini sampai habis agar tak ketinggalan informasi tentang beasiswa ke universitas keren ini. Selain itu, untuk mina-san yang masih bingung ingin mengambil beasiswa dimana, maka kampus ini bisa dijadikan referensi ya^^

Jangan takut apalagi pesimis untuk mencoba beasiswa di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) mina-san, karena ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kampus yang sering mengadakan seminar dan presentasi pengenalan tentang APU di Indonesia ini  memiliki beragam beasiswa yang disediakan untuk para pelajar cerdas dan berbakat di seluruh dunia, yaitu antara lain :

GATE!
  1. Pra Enrollment : terdiri dari beasiswa program 100%, beasiswa program 80%, beasiswa program 65%, beasiswa program 50%, beasiswa program 30%, semua beasiswa ini mahasiswa akan ditanggung semua biaya kuliahnya sesuai programnya namun tanpa biaya tiket maupun biaya hidup.  Sedangkan Honor Scholarship, yaitu beasiswa yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi senilai 600.000 yen per tahun.
  2. Pasca-Enrollment : beasiswa internal untuk mahasiswa yang berprestasi serta memenuhi persyaratan lainnya dan sudah berada di Jepang.
  3. Beasiswa External : untuk mahasiswa internasional berprestasi dan masih ada 9 jenis beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki student visa.

Proses yang akan mina-san tempuh ketika sudah melamar dan sudah mengisi formulir di pusat informasi APU Indonesia, yaitu di APU Indonesia Information Center di Summitmas Tower 1 – Lantai 10 Jl Jend. Sudirman Kav 61-62, Jakarta Selatan, atau menghubungi telepon 021-2523708, atau melalui email ke univrpap@pacific.net.id, adalah pengecekan nilai akademik, test tulisan/essay, dan interview. Hal yang harus mina-san perhatikan adalah di proses terakhir yaitu interview, karena pada saat itu, karakter mina-san akan dinilai apakah layak atau tidak untuk menerima beasiswa ini.

Apabila mina-san sudah berhasil mendapatkan beasiswa ini, mina-san harus ingat untuk giat belajar dan mempertahankan nilai agar tetap stabil dan tidak ada yang mengulang. Hal ini karena beasiswa yang diberikan APU hanya mencakup 124 SKS selama 4 tahun untuk mahasiswa tahun pertama (first year student), 94 SKS selama 3 tahun untuk mahasiswa transfer tahun kedua (second year transfer student), dan 62 SKS selama 2 tahun untuk mahasiswa transfer tahun ketiga (third year transfer student). Program beasiswa akan selesai di tahun ketiga, jadi pastikan harus lulus ditahun ketiga ya mina-san^^

Untuk lebih jelas dan info terupdate terkait beasiswa, mina-san bisa meluncur langsung ke web resminya, http://www.apu.ac.jp

 1-1 Jumonjibaru, Beppu-shi, Ōita-ken 874-8577, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: