Beginilah Cara Makan Mie di Jepang yang Unik

Jika di Indonesia makan mie harus dalam suasana diam atau istilahnya tidak boleh bersuara karena dianggap tidak sopan oleh orang sekitar, tetapi berbeda dengan makan mie di Jepang. Di negeri yang satu ini, makan mie sebisa mungkin harus sampai terdengar suara. Kok lucu ya, Minasan?

makan mieJadi ini adalah salah satu kebiasaan di Jepang yang sangat unik. Berbanding 180 derajat dengan negara lainnya, terutama di Indonesia. Ketika Minasan pergi ke kedai mie, Minasan dapat mendengar semua orang yang makan disana akan mengeluarkan suara “slurp” selagi menyeruput mie yang masuk ke dalam mulut. Bukan tanpa alasan masyarakat Jepang melakukan hal tersebut. Karena dengan mengeluarkan suara saat makan mie, itu artinya mereka yang makan sangat menikmati makanan yang dimakan, juga sebagai bentuk pujian dan penghormatan bagi yang menyajikan makanan tersebut.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kemudian ada satu hal lagi yang menambah keunikan dalam cara makan mie di Jepang. Yaitu, jika Minasan berkunjung ke rumah orang lain lalu disuguhi makanan oleh si pemilik rumah, jangan heran jika mereka akan melihat Minasan terus menerus ketika makan. Jika di negara lain, hal ini tentunya sangat mengganggu. Siapa yang tidak terganggu jika makan sambil terus ditatap? Tapi di Jepang ini adalah hal yang wajar. Si penyuguh makanan akan mengajak ngobrol sambil terus makan. Ini adalah cara masyarakat berkomunikasi santai dengan tamunya.

Oh dan jangan lupa, di Jepang makan mie itu tidak digigit. Walaupun mie yang dimakan tersebut panjang, masyarakat Jepang akan terus menyeruput mie itu hingga ujung terakhir, baru dikunyah. Jadi jika Minasan ke kedai mie kecil atau restoran di sekitar Jepang, jangan merasa heran kalau suaranya terdengar berisik ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: