Bagaimana Caranya Menyaksikan Turnamen Sumo di Jepang?

Buat minna-san yang suka dunia olahraga, mungkin minna-san tertarik dengan olahraga khas dan ingin menyaksikan pertandingannya secara langsung saat berkunjung ke . Tetapi bagaimana caranya?

Turnamen sumo atau yang disebut basho dalam bahasa Jepang, amatlah menarik untuk disaksikan dan bisa menjadi pengalaman berharga yang sangat unik karena olahraganya yang menyegarkan dan kaya akan . Sayangnya, turnamen hanya diadakan 6 kali dalam setahun di Jepang, jadi agak sulit juga bagi kebanyakan turis menghadiri pertandingannya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Minna-san dapat menyaksikan gulat sumo di pameran-pameran yang digelar pada sela-sela turnamen, mengunjungi sumo heya, tempat para pegulat tinggal dan berlatih. Namun, untuk pengalaman yang terbaik, minna-san harus menghadiri salah satu dari keenam pertandingan basho di penjuru Jepang. Keenam turnamen dimulai pada bulan Januari dan pada bulan seterusnya sepanjang tahun. 3 dari 6 turnamen diadakan di arena sumo Kokugikan di Tokyo, sedangkan 3 lainnya diadakan di Osaka, Nagoya, dan Fukuoka. Untuk lebih lengkapnya, minna-san bisa menyimak jadwal pertandingan sumo di halaman website resminya di sini.

Setelah minna-san berhasil menghadiri turnamen, minna-san dapat memilih dua jenis tempat duduk, yaitu dengan kursi seperti di stadion atau duduk di lantai dengan bantal ala Jepang. Kecuali, minna-san tidak betah duduk berlama-lama di lantai, minna-san sangat disarankan untuk duduk di lantai untuk menyaksikan pertandingan agar bisa melihat pertandingan secara lebih dekat dan jelas.

Pada hari turnamen, kebanyakan penonton melewatkan pertandingan pagi dan biasanya datang pada pertengahan pertandingan di siang hari, di mana para pegulat kelas atas bertanding. Jika minna-san datang pada pagi hari, minna-san akan menyaksikan para pegulat kelas bawah bertanding sambil melihat suasana pertandingan yang mulai memuncak di setiap jamnya berlangsung. Puncak pertandingan dimulai pada petang hari, dan pada saat inilah minna-san wajib hadir untuk menyimak pertandingan antara dua pegulat terbaik di Jepang.

Nah, sambil menonton pertandingan, minna-san bisa menikmati camilan berupa bir, bento atau kotak makan siang, dan sake! Meneguk bir atau sake sambil menonton pertandingan sumo sudah hampir menjadi tradisi. Minna-san dapat memesan bento sebelum pertandingan dimulai.

Leave a Reply

%d bloggers like this: