Aturan Menggunakan Bak Mandi Ala Jepang

Bila berkunjung ke , tentu ada aturan dan tata cara tersendiri yang harus diketahui mengingat status mina-san sebagai tamu. Dari mulai hal-hal besar sampai hal yang terkecil harus diperhatikan karena apa yang menurut kita boleh dan umum dilakukan belum tentu sama dengan budaya di . Salah satu hal yang harus diketahui adalah aturan menggunakan bak mandi ala . Ya, walaupun tampaknya sepele ternyata ada tata caranya tersendiri loh, untuk menggunakan bak mandi ala Jepang, mina san. Seperti apa sih?

Kebanyakan orang mengira berendam di bak mandi bisa sekaligus mencuci dan menggosok badan dengan menggunakan sabun atau busa. Nah hal seperti ini jangan dilakukan di Jepang ya mina-san apalagi saat mengunjungi pemandian umum. Aturan tepat berendam di bak mandi pertama adalah dengan membasahi badan terlebih dahulu dengan shower di luar bak. Setelah itu baru masuk ke dalam bak mandi yang kondisi airnya dalam keadaan hangat yang cukup.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Sehabis berendam, mina-san bisa keluar dari bak untuk proses membersihkan dan menggosok badan dengan sabun. Biasanya orang Jepang juga menggunakan handuk untuk menggosok bagian belakang badan yang susah dijangkau. Baru ketika usai mencuci badan dengan sabun (jangan biarkan ada sabun yang menempel) barulah mina-san boleh berendam lagi di bak mandi. Jadi bisa dikatakan kalau berendam di bak mandi dan saat membersihkan badan dengan sabun adalah dua hal yang terpisah.

Kenapa aturan atau tata cara di atas penting karena ternyata banyak orang Jepang menyimpulkan proses berendam di bak mandi tak sekedar perkara wajib melainkan berhubungan dengan unsur kesenangan dan kesehatan. Berendam di bak mandi dalam temperatur yang hangat bisa menjadi momen relaksasi dan tentunya baik untuk tubuh dan juga kedamaian pikiran. Lebih dari itu, alasan kenapa tidak boleh membersihkan badan dengan sabun saat berendam  adalah karena sabun tentu dapat mencemari air di dalam bak. Selain mengubah warnanya menjadi keruh, tentu anggota keluarga yang lain jadi merasa kurang nyaman menggunakan air bak-nya setelah kita.

Nah jadi kalau mina-san kebetulan menginap di rumah seorang warga Jepang dan menggunakan menggunakan bak mandi ala Jepang (atau juga mencoba pemandian umum disana) jangan lupakan tata cara dan aturan di atas ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: