Apakah Sushi Mentah Aman Dimakan?

memang memiliki beberapa potensi bahaya bagi para konsumennya. Selain parasit, bakteri pun bisa berkembang di ikan mentah yang tidak segar, sehingga dapat mengakibatkan keracunan ataupun infeksi bagi siapapun yang memakannya. Bahkan, ikan tertentu seperti ikan Fugu, memang mengandung racun dan tidak boleh sembarangan dimakan mentah.

0023 sushi ikan mentahMeski demikian, minna-san tidak perlu khawatir. Standard kebersihan dan kesehatan bagi ikan hasil budidaya di banyak negara di dunia (terutama ) sangatlah tinggi. Konsumen sushi ikan mentah tidak perlu takut dalam mengkonsumsi sushi ikan mentah terutama di . Salah satu contoh peraturan untuk menangani ikan mentah untuk konsumsi, adalah dengan membekukannya di -20 derajat celsius selama 7 hari, atau di -35 derajat Celcius selama 15 jam sebelum dikonsumsi, yang tentunya akan membunuh parasit.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Dewasa ini, kebanyakan ikan yang diperuntukkan dikonsumsi mentah, memang akan langsung dibekukan setelah ditangkap. Pembekuan ini tidak hanya untuk membunuh parasit, tapi juga untuk menjaga agar ikan mentah tetap segar ketika disajikan dalam bentuk sushi.

Belum lagi, nasi sushi sendiri dalam proses pembuatannya juga direndam di cuka, yang menurunkan PH (tingkat keasamannya) menjadi 4.1. Hal ini membunuh mikroba dan membuat sushi lebih aman untuk dikonsumi.

Jadi minna-san penikmat sushi ikan mentah tidak perlu ragu mengkonsumsi sushi ikan mentah terutama di Jepang. Yang penting, makanlah di tempat-tempat makan terpercaya. Sementara untuk ikan Fugu, tetap berhati-hati kalau mau mengkonsumsinya ya, minna san!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: