Aliran-Aliran Beladiri Karate (2)

Kalau minna-san sampai pada halaman ini, itu artinya minna-san sudah harus membaca artikel yang sebelumnya, jika tidak pastinya minna-san akan ketinggalan info utama. Pada artikel pertama telah dibahas bahwa ada 4 aliran yang dianggap sebagai yang utama menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei /Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF). Sebenarnya aliran tidak hanya itu saja, masih ada 3 lagi aliran besar yang terkenal di dunia.

 

Kyokushin

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kyokushin tidak termasuk dalam 4 besar Japan Karatedo Federation (JKF). Tetapi, aliran ini sangat terkenal baik didalam maupun diluar , serta turut berjasa mempopulerkan Karate di seluruh dunia, terutama pada tahun 1970-an. Aliran ini didirikan oleh Sosai Masutatsu Oyama. Nama Kyokushin mempunyai arti kebenaran tertinggi. Aliran ini menganut sistem Budo Karate, dimana para praktisi dituntut untuk berani melakukan full-contact kumite, yaitu tanpa pelindung, untuk mendalami arti yang sebenarnya dari seni Karate serta melatih jiwa atau semangat keprajuritan (budo). Aliran ini juga menerapkan hyakunin kumite (kumite 100 orang) sebagai ujian tertinggi, dimana prakitisi diuji melakukan 100 kumite berturut-turut tanpa kalah. Sosai Oyama sendiri telah melakukan kumite 300 orang. Itu adalah hal umum bagi praktisi aliran ini untuk melakukan 5 sampai 10 kumite berturut-turut.

 

Shorin-Ryu

Aliran ini adalah aliran Karate yang asli berasal dari Okinawa. Didirikan oleh Shoshin Nagamine yang didasarkan pada ajaran Yasutsune Anko Itosu, seorang guru Karate abad ke 19 yang juga adalah guru dari Gichin Funakoshi, pendiri Shotokan. Dapat dimaklumi bahwa gerakan Shorin-Ryu pun banyak persamaannya dengan Shotokan. Hanya saja perbedaannya adalah bahwa Shorin-Ryu juga mengajarkan penggunaan bermacam-macam senjata, seperti Nunchaku, Kama dan Rokushaku Bo.

 

Oechi-Ryu

Aliran ini adalah aliran Karate yang paling banyak menerima pengaruh dari beladiri China, karena pencipta aliran ini yang bernama Kanbun Uechi, belajar beladiri langsung di provinsi Fujian di China. Oleh karena itu, gerakan dari aliran Uechi-Ryu sangat mirip dengan Kungfu aliran Fujian, terutama aliran Baihequan (Bangau Putih).

Itulah aliran-aliran dalam Karate yang terkenal di dunia. Sebenarnya jika dihitung, ada banyak sekali aliran Karate yang minna-san bisa ketahui. Apakah minna-san semakin penasaran dengan beladiri Jepang yang satu ini? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: