Gagal Dalam Mendapatkan CoE? Ini Dia Alasannya!

CoE atau Certificate of Eligibility merupakan sebuah sertifikat yang menandakan pemerintah Jepang menyatakan kelayakan kepada pengusulnya untuk memasuki Jepang selama kurun waktu lebih dari 3 bulan. Dengan CoE, visa untuk overstay di Jepang sudah pasti mina-san dapatkan. Mina-san dapat memperoleh semua informasi terkait pengurusan CoE di situs imigrasi Jepang yakni: http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/01.html. Disana dijelaskan secara rinci, mengenai siapa saja yang boleh mengusulkan, syaratnya apa saja, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa alasan yang membuat kita gagal dalam mendapatkan CoE. Seperti apa ya alasannya? Berikut ulasannya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Dokumen Tidak Lengkap

Orang Jepang sangat detail dalam memperhatikan sesuatu. Jika syarat-syarat dokumen yang telah diberikan di website imigrasi kurang satu saja, maka CoE mina-san akan ditolak. Ini berarti, mina-san wajib mencari informasi syarat-syarat yang harus dipenuhi sedetail-detailnya dan melengkapinya.

 

Dokumen dianggap Palsu

What? Dokumen dianggap palsu?

Benar mina-san, khusus untuk pengajuan visa dependent (istri/suami dan anak) kita juga harus memeriksa detail sinkronisasi antar dokumen (kartu keluarga/paspor/KTP) seperti nama, tanggal lahir atau tempat lahir. Hal ini dapat membuat pihak imigrasi akan mengirimkan kita sebuah surat yang menyatakan bahwa dokumen kita “terindikasi” palsu. Jika sudah demikian, segera datangi pihak imigrasi pusat di untuk memeriksa dimana letak kesalahan pada dokumen kita. Biasanya mereka akan memberikan solusi tanpa harus pulang ke tanah air untuk merubah dokumen-dokumen tersebut.

 

CoE selain Keluarga Inti

CoE akan sulit keluar jika mina-san mengusulkan selain keluarga inti (istri/suami dan anak) yakni ibu, bapak, saudara kandung dan lainnya. Ada solusi untuk membawa orang tua dengan menggunakan spesific activities visa yang diberikan kepada tenaga profesional yang memiliki skill yang tinggi. Namun, orang tua yang mengikuti kita harus memiliki beberapa syarat yang didetailkan dalam referensi pada tautan ini.

 

Memiliki Catatan Kriminal

Ini juga salah satu hal yang dapat membuat pengajuan CoE kamu ditolak, mina-san. Jika pengusul memiliki catatan kriminal yang berkaitan dengan narkotika, prostitusi dan lain-lain, maka sepertinya kecil kemungkinan CoE mina-san akan diterima.

Jangan sampai alasan-alasan di atas mengagalkan mina-san untuk ke Jepang ya!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: