7 Museum Seni di Jepang yang Wajib Dikunjungi (1)

Jepang tidak hanya memiliki kualitas kuliner yang berkelas dunia atau budayanya yang kaya dan amat menarik untuk dipelajari. Ternyata ada juga banyak sekali museum seni di Jepang yang patut menjadi daftar wisata mina-san saat berkunjung ke Jepang!

Dari taman-taman indah khas Jepang hingga pulau seni, berikut ini adalah 7 daftar museum seni Jepang yang wajib dikunjungi.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

1. Pulau Naoshima, Teshima dan Inujima (Prefektur Kagawa)

Karena terletak di Laut Pedalaman Seto, turis-turis yang baru pertama kali mengunjungi Jepang mungkin masih belum tahu keberadaan museum ini. Museum seni di Jepang yang satu ini terdiri dari tiga pulau yang menjadi wisata seni kontemporer Jepang, yaitu Naoshima, Teshima, dan Inujima. Ketiga pulau tersebut dapat dengan mudah diakses dengan berjalan kaki atau sepeda yang bisa disewa tidak jauh dari pelabuhan feri. Mina-san dapat merasakan nuansa surreal dari arsitektur bangunan museum yang tersebar di seluruh pulau. Salah satu museumnya adalah Chichu Art Museum yang memamerkan karya-karya seniman Claude Monet, James Turell, dan Walter De Maria.

2. Museum Taman Isamu Noguchi (Prefektur Kagawa)

Dengan perjalanan singkat menggunakan kapal feri dari Pulau Naoshima, tepat di luar kota pesisir Takamatsu, mina-san akan menemukan Museum Taman Isamu Noguchi. Isamu Noguchi bekerja di Mure, kota yang tidak jauh dari Takamatsu selama 6 bulan sepanjang 20 tahun karirnya. Museum ini memiliki 150 patung yang sebagian masih belum diselesaikan, sehingga suasananya masih terasa seperti berada di studio seni ketimbang museum.

3. Museum Seni Adachi (Prefektur Shimane)

Tahu tidak, ternyata sejarah taman khas Jepang tidak berasal dari 100 tahun, melainkan hanya beberapa dekade! Hal ini dapat dibuktikan oleh Museum Seni Adachi yang lokasinya hanya 40 menit dari kota Matsue. Kota Matsue adalah kota penghasil taman-taman terbaik di Jepang. Di museum ini, tamannya menyatu sangat indah dengan pemandangan di sekitarnya. Tidak hanya itu, Museum Seni Adachi juga menjadi rumah bagi koleksi seni modern kontemporer dari Jepang berupa lukisan, keramik, dan ukiran-ukiran kayu. Pendirinya sendiri, Adachi Zenko, adalah seorang ahli kebun dan kolektor karya seni Yokoyama Taikan. Karya Yokoyama Taikan dapat dinikmati para pengunjung di sekitar museum.

Leave a Reply

%d bloggers like this: