5 Tipe Penginapan Murah di Jepang yang Wajib Dicoba!

Banyak turis yang mengira mereka hanya punya dua pilihan penginapan saat berlibur ke Jepang: hotel atau  (penginapan dan pemandian air panas.) Padahal ada banyak sekali pilihan . Tentu saja, kualitasnya juga tidak kalah dengan hotel berbintang dan menawarkan fasilitas yang sangat unik dan wajib dicoba!

Pension (ペンション)

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Pension adalah sejenis penginapan murah di Jepang bergaya bed and breakfast yang menawarkan makan malam dan sarapan saat Mina-san menginap. Umumnya, pension memiliki gaya penginapan dan kamar tidur yang kebarat-baratan. Pension biasanya dimiliki oleh keluarga selama turun-temurun. Mina-san bisa kenal akrab dengan pemilik maupun tamu karena suasana pension yang kekeluargaan.

Minshuku (民宿)

Minshuku memiliki karakteristik penginapan seperti pension. Bedanya, minshuku bergaya Jepang. Maka kamar tidur dan makanan yang disajikan juga bergaya Jepang. Minshuku adalah versi ryokan dengan harga yang lebih terjangkau. Kadang kala, minshuku adalah rumah yang ditinggali satu keluarga besar. Mereka menyediakan beberapa kamar untuk disewakan.

Shukubo (宿坊)

Shukubo adalah penginapan di kuil Jepang. Sejarahnya, pada zaman Edo, sebelum ada penginapan dan hotel, para pengembara meminta izin untuk bermalam di kuil terdekat dalam perjalanan mereka. Tradisi tersebut masih bertahan sampai sekarang. Shukubo sangat cocok untuk Mina-san yang ingin merasakan budaya tradisional Jepang yang kental.

Akan tetapi, shukubo tidak cocok untuk semua jenis wisatawan. Dinding-dinding penginapan sangat tipis, jadi tidak cocok untuk keluarga atau orang-orang yang senang berpesta. Mina-san akan disediakan sarapan dan makan malam vegetarian khas kuil Budha di Jepang.

Business Hotel

Berbeda dengan hotel biasa, business hotel di Jepang menyediakan akomodasi di lokasi strategis dengan harga terjangkau. Target penginap mereka adalah pebisnis Jepang yang hanya perlu tempat bermalam saat berdinas. Kamar yang disediakan tidak seluas atau semewah hotel biasa, tetapi sangat nyaman dan efisien untuk menginap dalam jangka waktu singkat.

Karaoke dan Manga Cafe

Turis berbudget pasti tergoda untuk menginap di sini. Namun, ada beberapa tunawisma yang tinggal di sini, lho. Sehari-harinya, apabila mahasiswa atau pekerja di Jepang ketinggalan kereta terakhir untuk pulang dan malas membayar mahal untuk naik taksi, mereka akan tinggal dulu di tempat ini selama beberapa jam.

, , Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: